Eks Dirut RSUD Sragen Jadi Tersangka, Korupsi Proyek Ruang Operasi

Kajari Sragen (tengah) memberikan keterangan pers terkait penetapan tersangka Senin (13/1) (AHMAD KHAIRUDIN/RADAR SOLO)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

SRAGEN – Kejaksaan Negeri (Kejari) Sragen menetapkan dua tersangka terkait dugaan korupsi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Suhadi Prijonegoro Sragen. Mantan Direktur RSUD Sragen berinisial DS dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan inisial NY.

Kepala Kejari Sragen Syarief Sulaeman Nahdi mengatakan, penyidik menetapkan dua tersangka terkait dugaan korupsi proyek ruang operasi RSUD Sragen. ”Direktur RSUD yang menjabat 2016 berinisial DS sebagai kuasa pengguna anggaran (KPA) dan PPK inisial NY,” terangnya, Senin (13/1).

Dia menjelaskan, kedua tersangka ditetapkan pada akhir 2019. Namun  hingga kini belum ditahan dan diperiksa. Dalam proyek itu disebutkan sebagai pengadaan sentral OK atau room operation system 2016. Proyek tersebut dianggarkan Rp 8 miliar dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi Jawa Tengah. Termasuk sejumlah alat kelengkapan di dalamnya. Hanya saja Kajari belum memastikan total kerugian negara. ”Kerugian ada, namun belum bisa kami sampaikan,” tuturnya.

Kajari menyampaikan, modusnya berbeda dengan sejumlah kasus korupsi pada umumnya. Dia menjelaskan, ada pengondisian harga. Soal volume dan spek sebenarnya tidak masalah. Sejauh ini sudah ada sekitar 20 orang yang diperiksa sebagai saksi. ”Pemeriksaan pada tersangka akan dilakukan secepatnya,” tuturnya.

Selain ada pengondisian dalam permainan harga, ada dugaan memperkaya diri sendiri atau orang lain. Kejari cukup konsen dengan kasus ini lantaran berhubungan dengan kebutuhan khalayak. ”Ini menyangkut hajat hidup orang banyak. Akses kesehatan masyarakat bisa jadi terganggu,” bebernya.

Sementara DS hingga kemarin sore belum bisa dihubungi wartawan. Dihubungi berkali-kali nomor kontaknya tidak direspons. DS sebelumnya sudah mengajukan pensiun dini pada pertengahan 2019 lalu. (radarsolo.jawapos.com)

  • Dipublish : 14 Januari 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami