Empat Wakil Merah Putih Tembus Final

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Perjuangan pebulu tangkis Indonesia di Kejuaraan Bulu tangkis Japan Open 2019 terus berlanjut hingga ke babak semifinal. Tercatat ada empat wakil Merah Putih yang berhasil lolos ke partai puncak turnamen level super 750 itu.

Empat tiket semifinal itu direbut dua ganda putra melalui Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, tunggal putra Jonatan Christie serta ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Jonatan sendiri menjadi wakil Indonesia pertama yang lolos ke babak final Japan Open 2019 tersebut usai usai menyingkirkan wakil Denmark, Jan O Jorgensen di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Sabtu (27/7) kemarin.

Dalam laga tersebut, salah satu tunggal putra andalan Indonesia yang akrab disapa Jojo itu berhasil mengalahkan Jan dalam dua set langsung, dengan skor 21-14 dan 21-14.

Di babak final, Jojo yang kini menempati peringkat tujuh dunia bakal menghadapi unggulan pertama asal tuan rumah Jepang, Kento Momota.

Kento yang kini menduduki peringkat pertama dunia itu memastikan diri ke babak final usai mengalahkan wakil India, Sai Praneeth B, dua set langsung dengan skor 21-18 dan 21-12.

Melihat dari rekor pertemuan mereka, Momota masih unggul 2-1 atas Jojo. Namun, dalam pertemuan terakhirnya di ajang Malaysia Open 2019, Jojo berhasil mengalahkan Momota dua game langsung, dengan skor 22-20 dan 21-15.

Selanjutnya, Hendra/Ahsan yang memastikan langkah ke final. Pasangan yang dijuluki The Daddies itu mendapatkan tiket final usai mengalahkan unggulan kedua asal Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dalam dua set langsung, dengan skor 22-20 dan 21-10.

Akan tetapi, di babak final, Hendra/Ahsan akan kembali berjumpa dengan rekan senegaranya yang juga juniornya yakni, Kevin/Marcus. Bisa dikatakan ini pertandingan ulangan, setelah sebelumnya mereka bertemu di babak final Indonesia Open 2019, pekan lalu.

Pertemuan kedua pasangan ganda putra terbaik milik Merah Putih ini menjadi pertemuannya yang ke sepuluh. Namun, dari sembilan pertemuan sebelumnya, Kevin/Marcus unggul 7-2 atas The Daddies.

Kevin/Marcus sendiri memastikan diri ke babak final usai menudukkan unggulan ketiga asal China, Li Jun Hui/Liu Yu Chen. Namun, kemenangan pasangan yang dijuluki Minions itu tak mudah didapatkannya. Sebab, mereka dipaksa bermain rubber game, dengan skor, 16-21, 21-11 dan 21-18.

Tak mereka saja, Praveen/Melati juga berhasil menyusul pencapaian tiga wakil Indonesia tersebut. Namun, tiket yang didapat Praveen/Melati itu usai memenangkan duel ‘perang saudara’ atas Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjadja di babak semifinal.

Ini menjadi kemenangan ketiga yang didapat Praveen/Melati dari empat kali pertemuannya dengan Hafiz/Gloria. Terakhir sebelum kejuaraan ini, mereka bertemu di ajang All England 2019, dimana pada saat itu Praveen/Melati juga berhasil meraih kemenangan 21-17, 18-21 dan 19-21.

Di pertemuan terakhir di All England 2019 poinnya mepet, sampai tiga game. Kali ini kami lebih siap, apalagi setelah tahu kemarin mereka menang dan akan menjadi lawan kami di semifinal, kami mempersiapkan diri kalau lawannya mereka,” ujar Praveen seperti dikutip situs resmi PBSI, Sabtu (27/7) kemarin.

“Kami sudah sering latihan bareng, sudah tahu kelemahan dan kelebihan mereka, begitu juga sebaliknya, mereka juga mainnya bagus, sudah optimal tapi kami lebih siap untuk menghadapi semifinal,” lanjut Praveen.

“Memang yakin karena kami sudah hafal permainan mereka, kan latihannya bareng, ketemu tanding juga sudah yang keempat. Poin demi poin juga nggak lepas fokusnya,” tambah Melati.

Selanjutnya, Praveen/Melati yang kini menempati peringkat enam dunia bakal menghadapi unggulan kedua asal China, Wang Yi lyu/Huang Dong Ping di babak final.

Dalam lima kali pertemuan, Praveen/Melati belum pernah menang dari Wang/Huang. Tahun ini, Praveen/Melati dikalahkan Wang/Huang di laga final India Open 2019 dan Australia Open 2019.

“Kalau lihat penampilan Wang/Huang di sini, mereka menang straight game semua dan poinnya jauh dari lawan. Kami dua kali kalah di final dari mereka, tentunya nggak mau kalah ketiga kalinya dari mereka. Harus keluarkan yang terbaik,” tuntas Praveen.

Dengan hasil ini tercatat, empat wakil Indonesia berhasil lolos ke babak final Japan Open 2019 yang bakal berlangsung pada Minggu (28/7) hari. Namun, Indonesia sudah memastikan satu gelar juara dari nomor ganda putra yang mempertandingkan duel ‘perang saudara’. (gie/der/fin)

Berikut daftar Pertandingan Final Japan Open 2019:

Nozomi Okuhara vs Akane Yamaguchi (tunggal putri)

Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara vs Kim So Yeong/Kong Hee Yong (ganda putri)

Kento Momota vs Jonatan Christie (tunggal putra)

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon vs

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (ganda putra)

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti vs Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping (ganda campuran)

  • Dipublish : 28 Juli 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami