Garuda Muda Tetap Membanggakan

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-15 hanya mampu bermain imbang 1-1 atas Timor Leste di laga ketiga babak penyisihan Grup A Piala AFF U-15 2019. Sumber Foto: PSSI
Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-15 hanya mampu bermain imbang 1-1 atas Timor Leste di laga ketiga babak penyisihan Grup A Piala AFF U-15 2019. Sumber Foto: PSSI
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-15 berhasil meraih kemenagan atas Vietnam dalam laga perebutan tempat ketiga Piala AFF U-15 2019.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion IPE 1, Chonburi, Thailand, Jumat (5/8) kemarin, skuat Garuda Asia berhasil mengalahkan Vietnam lewat drama adu penalti dengan skor 3-2 usai bermain imbang 0-0 hingga waktu normal.

Tampil dengan skuat terbaik, tim Merah Putih berhasil menguasai jalannya pertandingan sejak menit pertama. Meski memiliki beberapa peluang, namun Indonesia belum mampu mengungguli Vietnam hingga menit ke-15. Sedangkan, Vietnam yang berusaha mengimbangi Indonesia melalui skema serangan balik tidak banyak mendapatkan peluang.

Indonesia nyaris menciptakan keunggulan pada menit ke-27 lewat Marselino Ferdinan. Sayang, sepakan kerasnya masih melambung tipis ke atas mistar gawang Vietnam yang dikawal Nguyen Quang Truong.

Lima menit berselang, Vietnam yang nyaris membuka keunggulan dalam laga tersebut. Beruntung, tendangan Pham Van Phong yang sudah berhadapan satu melawan satu dengan kiper Timnas Indonesia U-15, I Made Putra Kaicen masih melebar ke sisi kanan gawang.

Disia waktu, kedua tim terus mencari cara terbaik untuk bisa mencetak gol. Alhasil, pertandingan pun berjalan alot. Jual beli serangan terus tersaji di sisa waktu tersebut. Meski demikian hingga laga berakhir skor imbang 0-0 tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, pertandingan masih berjalan alot. Meski Indonesia lebih banyak menekan, namun peluang-peluang yang didapat masih terbuang sia-sia.

Pada menit ke-65, Vietnam memiliki peluang emas dari sepakan tendangan bebas Dang Cuan Son. Bagus, tendangannya masih mampu di halau lini pertahanan Indonesia untuk menjauh dari jantung pertahanan.

Memasuki menit ke-70, Vietnam balik menekan pertahanan Indonesia. Beberapa kali Indonesia kerap mendapatkan ancaman-ancaman dari Vietnam. Namun peluang-peluang itu masih bisa digagalkan.

Di masa injury time babak kedua, Indonesia nyaris mencetak gol lewat sundualn Ahmad Athallah Araihan. Sayang tandukkannya yang lemah akibat gangguan pemain lawan, membuat si kulit bundar masih bisa di halau dengan mudah.

Hingga akhirnya, pertandingan babak kedua berkahir dengan skor kaca mata alias 0-0. Dan pertandingan-pun terpakasa dituntaskan lewat drama adu penalti.

Dalam drama adu penalti, I Made Putra Kaicen jadi pahlawan kemenangan Garuda Asia dengan mengagalkan tiga penendang penalti Vietnam. Kemenangan Timnas Indonesia U-15 akhirnya ditentukan oleh tendangan penalti Ahmad Athallah yang jadi penendang penalti kelima dan membuat skor akhir jadi 3-2.

“Ini hasil kerja keras teman-teman semua. Saya bersyukur kita semua bisa memaksimalkan kesempatan. Saya juga hanya berusaha mempraktekan apa yang diajarkan pelatih dan mengikuti insting saat membaca bola,” ungkap I Made usai pertandingan dalam kutipan komentar yang diterima wartawan di Jakarta.

Sementara itu, pelatih Bima Sakti mengaku bersyukur dengan pencapaian yang didapat anak asuhnya. Tak lupa, Bima mengucapakan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan mebantu pencapain Garuda Asia di ajang Piala AFF U-15 ini.

“Alhamdulillah segala hasil yang kita dapatkan pada turnamen ini harus kita syukuri. Saya mengapresasi semangat anak-anak semua. Kita semua satu kesatuan, pemain, pelatih, para staf dan para suporter semua berandil dalam pencapaian tim di turnamen ini. Saya berterima kasih kepada semuanya,” ungkap Bima.

“Saya juga sangat berterima kasih kepada PSSI dan klub-klub Liga 1 yang membuat kami menemukan bakat-bakat ini lewat kompetisi Elite Pro Academy. Selain itu, kami juga berterima kasih kepada para pihak yang mendukung dan membantu terbentuknya tim ini. Mulai dari sekolah-sekolah sepak bola, para pelatih masa kecil, hingga orang tua para pemain,” sambungnya menjelaskan.

Bima Sakti mengaku setelah kejuaraan ini, timnya akan bertolak ke Myanmar untuk mengikuti turnamen invitasi. Dalam ajang itu akan diikuti oleh Montenegro U-15, Korea Selatan U-15 dan Myanmar U-15 dan lain-lain.

“Tentunya itu akan jadi ajang yang bagus juga untuk anak-anak. Kita harus memanfaatkan sebaik mungkin turnamen ini sebagai bagian dari persiapan menghadapi Kualifikasi Piala Asia,” tuntas Bima Sakti.

Hasil kemenangan yang didapat Indonesia atas Vietnam membuat Garuda Asia menempati podium ketiga Piala AFF U-15 2019. Akan tetapi, raihan ini tak seindah tahun sebelumnya, dimana Indonesia berhasil menjadi juara di ajang yang sama.

Susunan Pemain

Indonesia U-15 (4-3-3): I Made Putra Kaicen; Alfin Farhan Lestaluhu, Marcell Januar Putra, Ahmad Athallah Araihan, Dimas Juliono Pamungkas; Ruy Arianto, Mikael Alfredo Tata, Marselino Ferdinan; Faizal Shaifullah, Muhammad Valeron, Alexandro Felix Kamuru

Pelatih: Bima Sakti

Vietnam U-15 (4-4-2): Nguyen Quang Truong; Nguyen Van Bay, Tran Dinh Thanh, Nguyen Hai Nam, Carn Ba Thanh; Vo Anh Quan, Dang Ha Ba, Pham Van Phong, Do Van Chi; Le Minh Toan, Ngo Van Bac

Pelatih: Dinh The Nam

(gie/fin/tgr)

 

 

Sumber: fin.co.id

  • Dipublish : 10 Agustus 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami