Gatot Eddy Pramono Resmi Menjabat Wakapolri

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

JAKARTA – Irjen Gatot Eddy Pramono resmi menjabat Wakapolri. Kini bintang di pundaknya pun bertambah satu menjadi tiga.

Kapolri Jenderal Idham Azis melantik Irjen Gatot Eddy Pramono menjadi Wakapolri. Dengan pelantikan tersebut, Gatot Eddy resmi menyandang pangkat Komisaris Jenderal (Komjen).

Pelantikan dilaksanakan di Aula Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis (26/12). Selain melantik Gatot menjadi Wakapolri, Idham Azis juga melantik Irjen Agus Andrianto menjadi Kabaharkam dan Irjen Listyo Sigit menjadi Kabareskrim. Agus, dan Listyo kini mengemban pangkat Komjen.

Selain ketiga orang tersebut naik menjadi Komjen, ada sembilan anggota Polri yang naik jabatan menjadi Irjen, 12 Kombes naik ke Brigjen dan 90 orang AKBP resmi menjadi Kombes. Dalam sambutannya, Kapolri Idham Azis mengucapkan selamat atas pelantikan tersebut.

“Ini kita bisa menyelenggarakan dengan cepat proses kenaikan pangkat rekan-rekan yang beruntung,” ujar Kapolri.

Idham menyebut ada tiga momentum yang harus disyukuri dari kenaikan pangkat ini. Pertama yakni berterimakasih kepada Tuhan, kedua berterimakasih kepada Institusi Polri, dan ketiga kepada keluarga.

“Semoga kenaikan pangkat ini akan memacu dan memotivasi rekan-rekan untuk berbuat dan mengabdikan diri yang terbaik bagi institusi Polri,” kata Idham.

“Kepada Ibu Bhayangkari, saya juga mengucapkan selamat, dukung terus bapak-bapaknya karena kehadiran ibu-ibu, motivasi ibu-ibu sangat dibutuhkan oleh bapak-bapak di dalam mengarungi kedinasan di institusi Polri ini,” kata Idham Azis.

Kenaikan pangkat ini merupakan lanjutan dari keluarnya dua Surat Telegram (TR) yang diterbitkan oleh Kapolri melalui AS SDM Polri.

Untuk posisi Kabaharkam dan Kabareskrim tertuang dalam Surat Telegram Kapolri ST/3229/XII/KEP./2019 yang diterbitkan Jumat 6 Desember 2019.

Sedangkan Wakapolri, tertuang dalam Surat Telegram Kapolri ST/3330/XII/KEP/2019 yang diterbitkan Jumat 20 Desember 2019.

Komjen Gatot Eddy menjadi Wakapolri menggantikan Komjen (Purn) Ari Dono Sukmanto yang sudah memasuki masa pensiun. Sementara itu, posisi Kapolda Metro Jaya akan diisi Irjen Nana Sujana yang sebelumnya menduduki Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB). Sementara itu, Kapolda NTB akan diisi oleh Irjen Tomsi Tohir.

Sementara Kepala Badan Pemiliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri diisi oleh Komjen Agus Andrianto setelah Komjen Firli menjadi Ketua KPK. Sedangkan, Kabareskrim diisi oleh Komjen Listyo Sigit. Posisi itu sempat kosong satu bulan setelah Idham Azis resmi naik menjadi Kapolri.

Sebelum acara tersebut, Gatot Eddy dan Listyo Sigit bersama 36 perwira tinggi Polri dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) menyambangi Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (26/12). Mereka mendapatkan kenaikan pangkat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kepala Negara akan menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) terkait naiknya jabatan mereka.

“Pertemuan menyambut kenaikan pangkat, satu tingkat perwira tinggi TNI-Polri,” kata Juru Bicara Kepresidenan Fadjroel Rachman dalam keterangan tertulisnya.

Dalam kesempatan tersebut menurut Fadjroel, Presiden Joko widodo berpesan agar 38 perwira tinggi TNI-Polri itu tetap meningkatkan profesional dan kapabilitas. Terlebih dalam menghadapi era disrupsi teknologi saat ini perwira tinggi TNI-Polri harus mampu menguasai teknologi mutakhir yang ada.

“Untuk menghadapi zaman baru revolusi 4.0,” pungkasnya.

(fin)

  • Dipublish : 27 Desember 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami