Hadirkan Inovasi, Bupati Polman Inginkan Siswa Belajar Ditempat Terbuka

Bupati Polman, Andi Ibrahim Masdar
Bupati Polman, Andi Ibrahim Masdar
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

POLMAN– Bupati Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Andi Ibrahim Masdar selalu mengharapkan adanya sebuah inovasi baru dari lingkungan organisasi perangkat daerah (OPD). Dalam dunia pendidikan misalnya, adik kandung dari Gubernur Sulbar itu menginginkan para pelajar Sekolah Menengah Pertama ( SMP) belajar ditempat terbuka.

Tujuannya, biar bisa lebih muda mengenal alam dan tidak merasa jenuh, karena setiap harinya belajar diruang tertutup. Hal itu diungkapkannya saat berbincang santai bersama Sekretaris Dinas Pendidikan Polman.

Andi Ibrahim Masdar mengatakan, untuk mewujudkan hal itu dirinya akan mencarikan anggaran untuk pengadaan mobiler yang lengkap dengan mejanya biar semua apa yang diinginkan bisa tercapai. “Saya akan cari dana dulu untuk bisa menunaikannya, sebab kalau tempatnya sudah tersedia dan nanti akan ditempatkan di area Sport Center dibawah pohon yang teduh. Siswa nantinya akan belajar ditempat itu, dan untuk sementara waktu SMP terdekat dulu yang ada disekitar Polewali yang dijadikan percontohan, kalau sudah lama berjalan baru kita akan jadwalkan untuk sekolah lainnya,”ungkapnya.

Bupati polman dua periode itu mengatakan, selama ini kalau kita melihat siswa terus belajar diruang tertutup yang disekelilngnya hanya dilihat papan tulis dan bangku serta tembok. Pastinya kondisi itu membuat siswa akan merasa bosan dan jenuh, sehingga kita mencoba melakukan inovasi bagaimana siswa dalam belajarnya pikiranya terbuka luas seluas pemandangan yang ada disekitarnya, sambil mengenal alam dan melihat lihat pembangunan. “Untuk pelaksanaanya kita akan coba bulan depan, dan ini sudah dikomunikasikan dengan Dinas Pendidikan dan mereka akan mengaturnya,”kata Andi Ibrahim Masdar.

Sementara itu, Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Polman, Hamka Rasyid sangat merespon dan mendukung inovasi yang sangat menarik. Sebab memang siswa selama ini belajar dengan ruangan tertutup, dan rasa jenuh menghampiri karena menerima pelajaran diruang tertutup. Jika program sudah jalan, siswa SMP akan belajar diruang terbuka, maka pasti akan lebih seru dan menambah semangat belajar anak. ” Inovasi ini memang ada dikurikulum dan sudah ada programnya seperti itu yakni masuk dalam materi muatan lokal,”kata Hamka Rasyid.(win/ade)

Sumber: parepos.fajar.co.id

  • Dipublish : 31 Juli 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami