Halau Korona, Ijtima Dunia Zona Asia dengan 8.000 Jamaah di Kab. Gowa Batal Digelar

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id, Gowa – Acara Ijtima Dunia 2020 Zona Asia yang bakal dihadiri oleh 8.000 jamaah tabligh di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Rabu (18/3) akhirnya batal digelar. Acara itu dibatalkan untuk mengantisipasi penyebaran virus korona atau Covid-19. Jika acara itu tetap digelar, berarti tidak mengikuti anjuran pemerintah untuk melakukan social distancing dan membuat para peserta beresiko tertular atau menulari orang lain.

Kepastian batalnya Ijtima Dunia 2020 Zona Asia disampaikan oleh juru bicara Presiden, Fadjroel Rachman. Menurutnya, pembatalan itu dilakukan atas koordinasi dengan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah bersama aparat keamanan setempat.

“Berdasarkan keterangan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan Kakanwil Kementerian Agama Sulsel setelah berkoordinasi dengan Kapolri, Kapolda, dan Bupati Gowa, acara Ijtima Jamaah Tabligh resmi dibatalkan,” kata Fadjroel dikonfirmasi, Kamis (19/3).

Fadjroel pun memastikan, ribuan peserta yang telah menghadiri Ijtima  Dunia 2020 di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan segera dipulangkan. Sebab, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan himbauan untuk tidak menggelar acara dengan keramaian selama masa tanggap darurat Covid-19 berlangsung.

“Presiden Joko Widodo mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang dengan tulus ikhlas mematuhi himbauan Pembatasan Sosial untuk menghindari atau menangkal penyebaran Covid-19,” beber Fadjroel.

Dengan mematuhi arahan untuk social distancing, Fadjroel berharap agar Indonesia segera terbebas dari wabah virus korona. Menurutnya, harapan itu bisa terwujud jika ada upaya kerjasama untuk mencegah penyebaran virus asal Kota Wuhan, Tiongkok itu.

“Insya Allah dengan Gotong Royong Kemanusiaan ini, kita bersama-sama akan keluar sebagai pemenang melawan pandemi Covid-19, di Indonesia dan di seluruh dunia,” harapnya.

Kepastian batalnya Ijtima Dunia 2020 Zona Asia juga disampaikan oleh Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah. Melalui akun twitternya @nurdinabdullahh dia menegaskan acara tersebut resmi dibatalkan. ”Setelah berkoordinasi dengan Kapolri serta Kapolda Sulsel dan Bupati Gowa sepanjang malam ini, acara Ijtima Jamaah Tabligh yang akan berlangsung besok resmi kita batalkan,” tulis Nurdin.

Tidak hanya itu, dia juga memastikan bakal mengisolasi para peserta supaya tidak melakukan kontak dengan warga. Entah bagaimana isolasi yang dimaksud. Yang jelas, dia tidak ingin para peserta melakukan kontak hingga dipulangkan. ”kami telah meminta pihak Kepolisian untuk mengisolasi para peserta agar tidak melakukan kontak dengan warga, selanjutnya kita akan mengantar mereka pulang ke pelabuhan dan bandara dengan pengamanan yang dibutuhkan,” kata Nurdin.

Untuk diketahui, gelaran Ijtima Dunia 2020 Zona Asia sebetulnya akan berlangsung sejak 19-22 Maret 2020. Acara tersebut dihadiri oleh ribua jamaah tabligh dari berbagai negara, diantaranya Thailand, Malaysia, India, Brunai, Pakistan, Timor Leste, Arab Saudi, Filipina dan Bangladesh. (jp)

  • Dipublish : 19 Maret 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami