Harga Cabai dan Bawang Melonjak Naik

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

JAKARTA – Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru, harga komoditas cabai dan bawang di sejumlah pasar tradisional Kota Tegal mulai merangkak naik pada Rabu (11/12). Bahkan, lonjakan harga komoditas bumbu dapur tersebut terjadi sejak dua pekan sebelumnya seiring banyaknya permintaan masyarakat.

Lonjakan harga cabai, dibenarkan Wasem, 65, pedagang bumbu dapur di Blok C Pasar Pagi yang mengaku resah karena naiknya harga cabai jelang musim hujan. Sebab, biasanya saat harga cabai merangkak naik diprediksi akan terjadi dalam waktu cukup lama dan berlaku untuk hampir semua jenis cabai. Diantaranya, cabai keriting merah yang naik Rp 25 ribu dari harga normal Rp 20 ribu/ kg. Kemudian, cabai merah besar dan cabai hijau semula Rp 15 ribu naik menjadi Rp 20 ribu/ kg.

“Untuk rawit merah, sekarang naik Rp 45 ribu dari sebelumnya Rp 35 ribu. Sedangkan, rawit putih dan hijau masih stabil Rp 20 ribu/ kg,” jelasnya.

Hal senada, diungkapkan Khomsah, 42, pedagang bumbu dapur di Pasar Kejambon. Menurutnya, lonjakan harga bumbu dapur juga terjadi pada komoditas bawang. Yakni, harga bawang putih yang semula Rp 25 ribu/ kg saat ini tembus Rp 30 ribu/ kg. Kemudian, bawang merah dari harga normal Rp 20 ribu sekarang naik menjadi Rp 30 ribu/ kg.

“Dengan kondisi cuaca yang mulai hujan, biasanya pasokan akan semakin berkurang terlebih jelang natal dan tahun baru,” terangnya.

Khomas berharap, lonjakan harga komoditas bumbu dapur bisa tetap terjaga dengan ketersediaan pasokan yang cukup. Sehingga, daya beli dan angka konsumsi masyarakat bisa tetap stabil serta tidak terpengaruh dengan musim hujan maupun libur natal dan akhir tahun.

(syf/fin)

  • Dipublish : 12 Desember 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami