Hari ini 24 April Penerbangan Komersil Dilarang, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Tutup Hingga 1 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

MAKASSAR– Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar hingga hari ini masih beroperasi meski terjadi penurunan angka penumpang yang cukup signifikan.

Seluruh aktivitas transportasi wajib dihentikan sementara sebagai tindak lanjut dari kebijakan Pemerintah untuk melarang mudik pada tahun ini dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

Merujuk dari Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 Tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 14441 Hijriah Covid-19, Kementerian Perhubungan menyatakan bahwa penerbangan penumpang domestik masih diizinkan beroperasi sampai dengan hari ini, Jumat (24/4/2020), untuk melaksanakan kewajiban operator penerbangan melayani penumpang dengan reservasi lama, dan mulai hari ini tidak ada lagi reservasi baru.

Sementara untuk penerbangan internasional tetap akan beroperasi khususnya untuk melayani warga negara asing yang akan kembali ke negaranya, dan warga negara Indonesia yang akan kembali ke Indonesia. Penerbangan ini tetap harus mengikuti protokol kesehatan selama pandemi Covid 19.

Menurut pantauan di Bandara Sultan Hasanuddin, terlihat di terminal keberangkatan dan kedatangan, sejumlah penumpang masih terlihat. Namun kondisinya tidak seramai sebelumnya. Bandara terlihat cukup lengang.

Humas Angkasa Pura 1 Bandara Sultan Hasanuddin, Frida membenarkan hari ini bandara yang dikelolanya masih beroperasi sesuai aturan yang dikeluarkan Kementerian Perhubungan.

“Iya hari ini masih ada penerbangan,” jawab Frida saat dikonfirmasi fajar.co.id, Jumat (24/4/2020).

Namun pihaknya belum bisa memastikan kapan bandara Sultan Hasanuddin akan ditutup operasionalnya sementara.

“Terkait penutupan bandara belum ada informasi final. Masih dikoordinasikan dengan otoritas bandara,” terang dia.

Menurut informasi yang diterima, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar akan menghentikan sementara layanan penerbangan komersial penumpang mulai 24 April 2020 pukul 10.00 Wita sampai 1 Juni 2020.

Pihak bandara hanya melayani penerbangan kargo, penerbangan darurat, dan penerbangan atas izin pemerintah.

Sebelumnya diberitakan, Permenhub nomor 25 Tahun 2020 telah ditetapkan pada tanggal 23 April 2020 sebagai tindak lanjut dari kebijakan Pemerintah untuk melarang mudik pada tahun ini dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

Ditegaskan bahwa larangan penggunaan transportasi untuk mudik ini berlaku untuk keluar masuk di wilayah-wilayah PSBB, Zona Merah Penyebaran Covid-19 dan aglomerasi yang sudah ditetapkan sebagai PSBB. (endra/fajar).

  • Dipublish : 24 April 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami