Viral Video Matahari Terbit di Utara Jeneponto, Ini Penjelasan BMKG

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jaringanmedia.co.id – Sebuah video yang memperlihatkan matahari berada di sebelah utara pada pagi hari viral di media sosial. Video tersebut banyak beredar melalui pesan instan whatsapp. video yang diambil kamis 17 juni ini diduga direkam oleh salah satu guru sekolah dikabupaten jeneponto.

Mengenai hal tersebut, pejabat berwenang di BBMKG Wilayah IV Makassar Kaharuddin  menjelaskan bahwa terkait video matahari terbit dari utara di Kabupaten Jeneponto yang banyak beredar di sosial media maka itu disebabkan oleh gerak semu tahunan matahari. “Matahari tetap terbit di timur dan akan terbenam di barat” Katanya.

Baca Juga: Usai Preman, Kini Polri Fokus Buru Pinjol Ilegal

Namun pada saat sekarang posisi matahari sedang menuju pada titik balik utara pada tanggal 21 Juni nanti. “Pada tanggal 21 Juni posisi matahari bergeser sejauh 23,5o dari ekuator ke arah utara, Kemudan bergerak kembali ke arah ekuator di tanggal 23 September dan menuju ke titik balik selatan di tanggal 22 Desember nanti sejauh 23,5o dari ekuator ke arah selatan. Dan bergerak kembali ke arah ekuator di tanggal 21 Maret. Gerak semu ini akan terjadi setiap tahunnya, ” jelasnya.

Baca Juga: Vaksin Ampuh, 90 Persen Nakes di Kudus yang Terpapar Covid-19 Sembuh

Gerak semu tahunan matahari adalah pergerakan semu matahari yang seolah-olah bergerak dari selatan ke utara dan kembali ke selatan setiap tahunnya. Hal ini terjadi
karena bumi berevolusi mengelilingi matahari dengan poros yang miring sehingga bagian kutub utara dan kadang kutub selatan bumi akan condong ke matahari.

Fenomena ini menyebabkan matahari tidak terbit dan terbenam di posisi yang sama sepanjang tahun (bergeser dari utara ke selatan atau sebaliknya). Titik paling utara dalam gerak semu matahari ini disebut titik balik utara yang terjadi di tanggal 21 Juni. Sebaliknya, titik balik selatan terjadi ketika matahari mencapai titik paling selatannya, yaitu pada tanggal 22 Desember. (jm)

  • Dipublish : 18 Juni 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami