Hoax Ledakan Dahsyat di Wuhan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JARINGANMEDIA.CO.ID,-Video yang menggambarkan sebuah ledakan hebat tersebar di kanal YouTube. Peristiwa menghebohkan yang diunggah pada 8 Februari itu dinarasikan seolah-olah terjadi di Wuhan, Tiongkok, dan dikait-kaitkan dengan wabah virus korona.

“A powerful explosion occurred in Wuhan. The Chinese government is hiding this information. Coronavirus,” demikian judul video yang telah dilihat 857 netizen itu. Di dalam keterangannya, ada tambahan kalimat “We all will die”.

Setelah ditelusuri menggunakan aplikasi padanan gambar, Jawa Pos menemukan video serupa yang sudah tersebar pada Agustus 2015. Kanal YouTube Euronews yang mengunggah video itu menyebutkan, ledakan dahsyat terjadi di kawasan industri timur laut Kota Tianjin (bit.ly/LedakanDiTianjin). Jadi, sama sekali tidak ada kaitannya dengan wabah virus korona.

 

Situs resmi Euro News menyebutkan, televisi pemerintah Tiongkok pada saat itu juga sudah memberikan keterangan bahwa ledakan tersebut terjadi saat pengiriman bahan peledak. Kantor berita negara setempat mengabarkan bahwa kebakaran akibat ledakan hebat itu terkendali. Namun, ada dua petugas pemadam kebakaran yang dilaporkan hilang. Anda bisa membacanya di sini bit.ly/BukanDiWuhan. (jp)

  • Dipublish : 20 Februari 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami