Hoax Vaksin AstraZeneca Diproduksi 2018

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id – KABAR yang satu ini menyebut vaksin AstraZeneca sudah dibuat pada 2018. Agar lebih meyakinkan, kabar itu dilengkapi video dan tangkapan gambar yang menunjukkan kemasan vaksin dengan keterangan waktu tahun 2018. Mengesankan bahwa vaksin tersebut diproduksi sebelum Covid-19 ditemukan.

”Vaksin AstraZeneca Covid 19 dibuat pada tahun 2018,” begitu terjemahan informasi yang diunggah akun Facebook Jordan Thorne. Kabar yang diunggah pada 29 Juli 2021 itu memperlihatkan video kemasan vaksin Covid-19 AstraZeneca 4 ml dengan tanda waktu 2018.07.15 atau 15 Juli 2018. Agar terlihat mencolok, tulisan tanggal tersebut ditandai dengan garis kotak warna ungu.

Saat ditelusuri, foto kemasan vaksin yang sama pernah diunggah akun Twitter @CitizenIre pada 15 November 2020. Ternyata, di kemasan vaksin itu tidak ada tulisan tanggal produksi seperti yang diunggah akun Facebook Jordan Thorne.

Akun Twitter @CitizenIre hanya menuliskan keterangan tentang contoh kemasan vaksin AstraZeneca. ”Vaksin sudah siap, dan berikut adalah contoh kemasan yang menunggu jalur produksi vaksin. Semoga berjalan lancar,” tulis akun Citizen Journalist Network (IRE) itu. Anda dapat melihat foto aslinya di (bit.ly/KemasanAsli).

Beberapa ahli juga menegaskan bahwa tulisan tanggal produksi pada kemasan vaksin AstraZeneca yang beredar di media sosial merupakan hasil manipulasi digital. ”Tanggal pada foto kemasan vaksin AstraZeneca berbeda warnanya dari font lainnya. Warna font di sini lebih kaya dan tidak ada pantulan cahaya,” kata Dr Thorsten Beck, peneliti di Humboldt-Elsevier Advanced Data dan Pusat Teks (HEADT Center) di Berlin. ”Akibatnya, bagian kemasan ini terlihat agak tidak alami,” lanjutnya.

Reuters menjelaskan bahwa produsen selalu melengkapi kemasan dengan informasi tanggal kedaluwarsa sebagai EXP atau expired. Bukan menggunakan tanggal produksi. Apalagi, vaksin Oxford/AstraZeneca baru menerima persetujuan pertama dari Badan Pengatur Obat dan Kesehatan Inggris (MHRA) pada Desember 2020. Anda dapat membacanya di reut.rs/3xJrBJz.

FAKTA

Tulisan tanggal produksi pada video tentang kemasan vaksin AstraZeneca yang diunggah akun Facebook Jordan Thorne adalah hasil manipulasi digital. (jpc/jm)

  • Dipublish : 18 Agustus 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami