Humble Motors Kenalkan SUV Listrik dengan Panel Surya Pertama di Dunia

Humble One. Foto: Humble Motors
Humble One. Foto: Humble Motors
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Jaringan Media – Humble Motors mengenalkan sebuah konsep mobil listrik yang ditenagai panel surya, ini menjadi yang pertama di dunia. Perusahaan rintisan asal California itu berharap bisa menyaingi Tesla melalui calon sport utility vehicle (SUV) listrik bernama Humble One tersebut.

Humble One didesain agar dapat menangkap energi yang dipancarkan sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik untuk menggerakkan kendaraan secara efisien dan ramah lingkungan.

Sekilas, tampilannya memang tak jauh berbeda dari crossover yang saat ini jamak ditemukan. Membedakan Humble One dari yang lain ialah panel berisi sel-sel photovoltaic di atap dan jendela seluas 7,4 meter persegi. Komponen itu bertugas menjadi suplemen energi yang mengisi baterai untuk menambah jarak tempuh.

Solar panel di Humble One diklaim dapat menambah jarak tempuh sejauh 96,5 km saat sedang dikendarai di siang hari. Sementara itu, baterai yang dicas sampai penuh bisa membawa Anda berkendara sejauh 804 km.

Humble Motors juga punya racikan lain agar calon SUV untuk menekan penggunaan energi, yakni dengan memangkas bobot kendaraan. Bayangkan saja, mobil dengan panjang lebih dari 5 meter itu punya bobot sekitar 1,8 ton saja. Ini sekitar 500 kg lebih ringan dari Tesla Model X. Soal peforma, di atas kertas, Humble One mampu menghasilkan tenaga puncak 1.020 hp dengan kecepatan maksimum 250 km/jam. Humble One akan diproduksi pada 2024 dan dijual dengan harga USD 109.000 atau sekitar Rp 1,6 miliar.

Namun, Humble Motors sudah membuka pemesanan SUV listrik dengan membayar biaya reservasi USD 300 atau sekitar Rp 4,3 juta. Humble One diharapkan sudah dapat diterima konsumen pada 2025. (rdo/jpnn)

 

 

  • Dipublish : 6 April 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami