IDI Jombang Dorong Pemkab Sediakan Tempat Isolasi yang Lebih Layak

DINDING JEBOL: Kondisi GOR Merdeka Jombang kondisinya tampak mengalami kerusakan parah. (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)
DINDING JEBOL: Kondisi GOR Merdeka Jombang kondisinya tampak mengalami kerusakan parah. (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JOMBANG – Sejumlah kerusakan yang terdapat di GOR Merdeka Jombang yang akan dijadikan rumah isolasi pasien Covid-19, harus diperbaiki. Paling tidak, pihak Gugus Tugas Percepatan Penanganan (Gugas) PP Covid-19 Jombang menyediakan tempat yang layak.

”Saya kira dimana-mana posisi rumah isolasi baik di Stikes Pemkab Jombang maupun gedung tenis indoor sudah penuh. Sehingga penambahan fasilitas ruang tambahan memang diperlukan,” ujar Ketua IDI Jombang dr Achmad Iskandar Dzulqornain kemarin (22/6). Ia pun memaklumi rencana Gugas PP yang menggunakan GOR sebagai rumah isolasi tambahan.

Namun setelah mengetahui kondisi GOR banyak yang rusak, pihaknya meminta Gugas PP memfasilitasi tempat lebih layak. ”Saya kira teman-teman punya solusinya bagaimana  GOR itu layak untuk ditempati pasien,” tambahnya.

Sebab, kelayakan tempat yang meliputi kenyamanan dan kebersihan menjadi faktor utama proses penyembuhan. Menurut dia, jika pasien ditempatkan pada tempat perawatan yang tidak layak, kotor atau kumuh, maka akan membuat pasien bertambah stres dan bukan tidak mungkin memperlambat proses penyembuhan.

”Karena belum tentu warga yang hasilnya reaktif untuk waktu yang singkat, bisa saja lebih dari seminggu atau satu bulan lebih sampai hasil uji swab turun,” papar dia. Pihaknya menyarankan agar pemkab kembali memikirkan solusi mengenai isolasi mandiri di rumah.

”Saya berharap konsep isolasi mandiri dirumah atau isolasi perlu dipikirkan Gugas PP sebagai opsi lain selain menyiapkan gedung karantina yang tersentral di kota, dengan catatan warga juga harus mau kooperatif,” papar dia lagi.

Seperti diberitakan sebelumnya, seiring persebaran kasus Covid-19 terus melonjak, kondisi rumah sakit dan rumah isolasi mulai kewalahan menampung. Setelah gedung Stikes Pemkab Jombang dan gedung tenis indoor sebagai rumah isolasi. Kali ini direncanakan ada penambahan GOR Merdeka Jombang sebagai tempat karantina.

(jo/ang/mar/JPR)

  • Dipublish : 23 Juni 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami