Ikuti Rapid Test, 80 Pedagang di 7 Pasar Kab Probolinggo Reaktif

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

KRAKSAAN,– Jumlah pedagang yang reaktif saat dilakukan rapid test di Kabupaten Probolinggo terus bertambah. Per Kamis (21/5), ditemukan total 80 orang reaktif.

Mereka adalah para pedagang di tujuh pasar daerah di kabupaten. Yaitu, Pasar Semampir, Kecamatan Kraksaan; Pasar Paiton, Kecamatan Paiton; Pasar Maron, Kecamatan Maron; Pasar Dringu, Kecamatan Dringu; Pasar Leces, Kecamatan Leces; Pasar Bantaran, Kecamatan Bantaran; dan Pasar Bayeman, Kecamatan Tongas.

Dari rapid test di tujuh pasar itu, 80 pedagang di empat pasar dinyatakan reaktif. Sedangkan di tiga pasar lainnya nihil. Yaitu, Pasar Bantaran, Pasar Bayeman, dan Pasar Leces.

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto menerangkan, saat ini sebagian pedagang yang reaktif sudah dilakukan tes swab. Namun, hasilnya belum keluar.

Anang mengaku, sisanya yang belum di-swab akan segera dilakukan swab. Tujuannya, untuk memastikan apakah positif atau negatif. Sebab, penentuan positif negatif kasus korona bukan dari rapid test, tetapi dari hasil swab. “Masih menunggu hasilnya. Sisanya yang pasti akan di-swab juga,” ungkap Anang.

Dengan banyaknya pedagang yang reaktif itu, Anang memprediksi akan muncul klaster baru. Yaitu, klaster pasar. Menurutnya, pencegahan klaster sangat sulit dilakukan. Interaksi antara pembeli dan penjual tidak bisa dihentikan ataupun diprediksi.

“Penjual dan pembeli ini kan sama-sama tidak tahu. Apakah yang dihadapi itu terjangkit korona atau tidak. Karena di pasar tempat berkumpulnya banyak orang,” terangnya.

Karena itu, pihaknya berharap masyarakat harus benar-benar mengikuti anjuran pemerintah. Jika tidak penting, diharap tidak keluar rumah. Sehingga, penambahan kasus korona di Probolinggo bisa segera diminimalisasi dan dihentikan.

“Sekarang masih banyak masyarakat yang berkeliaran. Karena itu, kami harap patuhi betul imbauan pemerintah. Ini, demi kebaikan bersama,” terangnya. (radarbromo.co.id)

  • Dipublish : 22 Mei 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami