Indonesia 5-0 Vietnam: Garuda Muda, Kapan Juaranya?

GEMBIRA: Para pemain Timnas U-18 saling memeluk usai mengalahkan Vietnam 5-0 dalam perebutan tempat ketiga Piala AFF U-18 2019, Senin (19/8). (PSSI FOR FIN)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JAKARTA Tim Nasional Sepak Bola Indonesia nampaknya harus puas dengan peringkat ketiga ajang Piala AFF 2019. Ya, setelah sebelumnya Timnas Indonesia U-15 yang meraih peringkat ketiga, raihan yang sama juga didapat di kelompok umur U-18 di ajang yang sama.

Sebelumnya, Timnas Indoensia U-15 asuhan Bima Sakti berhasil merebut temapt ketiga Piala AFF U-15 2019 setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2 di Stadion IPE 1, Chonburi, Thailand, Jumat (5/8) lalu.

Kini, Timnas Indonesia U-18 binaan Fakhri Husaini yang berhasil meraih hasil tersebut, setelah mereka mengalahkan Myanmar pada perebutan tempat ketiga Piala AFF U-18 2019.

Berbeda dengan U-15 yang hanya mampu menang tipis, Timnas Indonesia U-18 yang dikomandoi David Maulana dan kawan-kawan mampu menang telak dengan skor lima gol tanpa balas alias 5-0 pada pertandingan yang berlangsung di Thong Nhat Stadium, Ho Chi Minh City, Vietnam, Senin (19/8) kemarin.

Menariknya, lima gol Garuda Muda ke gawang Myanmar itu berhasil dicetak pada paruh pertama oleh Beckham Putra (37′, 45′), dan hat-trick Mochammad Supriadi (38′, 41′, 45+2′).

Sempat alot di awal paruh pertama, pesta gol Indonesia dimulai pada menit ke-37. Dimana Beckham Putra yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor untuk yang pertama usai meneruskan umpan Muhammad Fajar Fathur Rachman dengan sepakan kaki kirinya.

Tak perlua waktu lama, dua menit berselang, Indonesia menggandakan kedudukan lewat gol Mochamad Supriadi. Menerima umpan sodoran Sutan Zico, Supriadi berhasil mengecoh satu pemain belakang Myanmar dan melepaskan tendangan kaki kanannya untuk merubah skor menjadi 2-0.

Pada menit ke-39, Supriadi kembali mencatatkan namanya di papan skor usai umpan manis Bagas Kaffa dari sisi kanan berhasil dimanfaatkannya untuk merubah keunggulan Indonesia menjadi 3-0.

Menjelang paruh pertama berakhir, Indonesia berhasil menjaringkan dua gol tambahan masing-masing diciptakan Beckham Putra menit ke-45 dan Supriadi yang mencatat hat-trick di masa injury time. Skor 5-0 pun bertahan hingga turun minum.

Memasuki paruh kedua, Indonesia terus mendominasi jalannya pertandinan. Peluang-demi peluang pun kerap didapat Indonesia untuk menambah keunggulan. Seperti di awal-awal babak kedua, Indonesia nyaris menambah keunggulan, saat kemelut terjadi di depan gawang Myanamar, dimana peluang Sutan Zico, David Maulana dan Beckham Putra berturut-turut masih mampu dihalau dan membentur tiang gawang.

Gempuran terus dilancarakan oleh pasukan Garuda Muda itu untuk menambah keunggulan. Sebaliknya, Myanmar hanya mampu memanfaatkan serangan balik dan melaukan tembakan spekulasi dari luar kotak penalti lantaran kesulitan untuk menembus barisan pertahanan Indonesia.

Hingga akhirnya, peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan babak kedua ditiupkan oleh wasit. Alhasil, skor 5-0 untuk kemenangan Indonesia atas Myanmar tetap bertahan.

Menanggapi kemenangan ini, pelatih Timnas Indonesia U-18, Fakhri Husaini mengaku cukup bersyukur. Ia menuturkan, setidaknya anak asuhnya pulang ke Tanah Air tidak dengan tangan kosong.

“Syukur kepada yang maha kuasa, terima kasih juga buat pemain dan ofisial, bangga kepada pemain, mereka bukan hanya ingin bermain. Keinginan kuat mereka dalam turnamen ini untuk meraih sesuatu penting buat buat kami,” ungkap Fakhri usai pertandingan.

“Mereka tak ingin pulang dengan tangan kosong, raihan peringkat tiga ini merupakan pencapaian yang sangat ingin mereka raih. Kemenangan merupakan jawaban dari tim ini karena kami memiliki potensi besar untuk masa depan sepak bola di Indonesia,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu pemain Indonesia U-18 Muhammad Fajar Fathur Rachman mengaku puas dengan kemenangan pada pertandingan tersebut. Apalagi, laga ini kemenangan yang cukup fantastis diterima timnya mengingat di babak penyisihan Grup A Piala AFF U-18, Indonesia hanya mampu bermain imbang dengan Myanamr.

“Alhamdulillah saya dan teman-teman sangat senang dan bersyukur bisa memenangkan pertandingan. Setelah sebelumnya kami hanya bermain imbang melawan Myanmar, kali ini kami bisa menang dengan skor telak,” tutur Fajar.

Fajar menjelaskan, raihan yang didapat sudah merupakan hasil terbaik dan jerih payah timnya. Oleh sebab itu, ia mempersembahkan gelar peringkat ketiga ini kepada masyarakat Indonesia yang telah mendoakan dan mendukung, serta sang keluarga.

“Peringkat ketiga ini raihan terakhir yang bisa saya berikan untuk bangsa dan negara. Saya persembahkan kemenangan ini untuk keluarga saya,” tukasnya.

Ya, dengan hasil ini, Indonesia U-18 berhasil meraih tempat ketiga Piala AFF U-18 2019. Hasil ini juga sekaligus menggandakan peringkat ketiga Piala AFF tahun ini yang sebleumnya didapat Timnas Indonesia U-15.

Susunan pemain:

Indonesia U-18: Muhammad Adisatryo (Risky M Sudirman 83′), Bagas Kaffa, Mochammad Yudha, Muhammad Fajar Fathur Rachman (Bagus Kahfi 61′), Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, Theo Numberi, David Maulana, Beckham Putra, Mochammad Supriadi (Imam Zakiri 70′), Sutan Zico.

Pelatih: Fakhri Husaini

Myanmar U-18: Nay Lin Htet, Si Thu Moe Khant, Thet Hein Soe, Nyan Lin Tet (Aung Ko Oo 65′), Kaung Khant, La Min Htwe, Moe Soe, Khun Kyaw Zin Hein, La Min Htwe, Saw Kyaw Ae, Hein Htet Aung.

Pelatih : Soe Myat Min

(fin)

 

 

Sumber: fin.co.id

  • Dipublish : 20 Agustus 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami