Industri Karoseri Menjerit Akibat Pasar Kendaraan Niaga Turun Signifikan

LESU: Salah satu karyawan sedang memasang karoseri pada truk. (ISTIMEWA)
LESU: Salah satu karyawan sedang memasang karoseri pada truk. (ISTIMEWA)
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

GRESIK – Industri Karoseri di Kabupaten Gresik menjerit. Hal itu karena permintaan karoseri turun hingga 10 persen. Human Resourses Development Head PT Sentrabumi Palapa Utama (Bumi Palapa), Joko Suprapto mengungkapkan, industri karoseri mengalami masa sulit saat ini.

“Untuk pesanan dari kendaraan niaga turun signifikan. Penyebab salah satunya karena stagnasi pasar kendaraan niaga. Ini berakibat penurunan permintaan karoseri khususnya model dump truck,” ujarnya.

Dikatakan, tahun lalu pihaknya mencatat pekerjaan karoseri mencapai 70 unit kendaraan setiap bulan. Tahun ini turun 30 unit kendaraan dalam satu bulan.

“Harapan industri karoseri di Gresik adalah proyek infrastruktur seperti pelabuhan dan jalan tol. Proyek tersebut terbukti bisa meningkatkan pesanan bak untuk kendaraan dump truk,” ungkapnya.

Marketing Supervisor Mutiara Cipta Gresik, Hendro Purnomo menambahkan, pihaknya melihat peluang kenaikan permintaan karoseri untuk kendaraan niaga, khususnya karoseri untuk truk untuk kebutuhan konstruksi.

“Biasanya satu bulan kami bisa membuat 20 pembuatan bak truk. Baik itu pesanan baru, atau pergantian karoseri dari kendaraan niaga yang sudah beroperasi,” imbuhnya.

Ditempat lain, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Asosiasi Karoseri Indonesia, T.Y. Subagyo bilang, penurunan karena permintaan transporter lesu.

“Penurunan paling signifikan disebabkan oleh lesunya permintaan karoseri truk atau angkutan barang akibat kebijakan pembatasan muatan Over Dimension dan Over Loading (ODOL) yang terus digalakkan,” kata dia. (jp)

  • Dipublish : 2 Oktober 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami