Ini 5 Manfaat Sehat Bawang Merah

Ilustrasi Bawang Merah (pixabay)
Ilustrasi Bawang Merah (pixabay)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id– MESKI semua sayuran penting untuk kesehatan, jenis tertentu menawarkan manfaat unik. Bawang adalah anggota genus Allium tanaman berbunga yang juga termasuk bawang putih, bawang merah, daun bawang dan daun bawang. Sayuran ini mengandung berbagai vitamin, mineral dan senyawa tanaman kuat yang telah terbukti meningkatkan kesehatan dalam banyak cara.

Faktanya, sifat obat bawang telah dikenal sejak zaman kuno, ketika digunakan untuk mengobati penyakit seperti sakit kepala, penyakit jantung dan sariawan. Berikut ini beberapa penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Menurunkan kadar gula darah

Bawang merah diketahui menurunkan kadar gula darah karena senyawa belerang dan quercetin. Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan pasien dengan diabetes tipe 2 memiliki enzim hati normal dan kadar glikemik rendah ketika mereka makan irisan bawang.

2. Menyehatkan pencernaan

Bawang mengandung sejenis serat larut yang disebut oligofructose, yang bertindak sebagai sumber makanan bagi bakteri menguntungkan di usus. Serat ini ketika dikonsumsi membantu tubuh Anda mempertahankan tingkat bakteri sehat yang baik. Bawang mencegah diare dan sembelit sehingga meningkatkan pencernaan yang sehat.

3. Mencegah kanker

Bawang merah adalah yang paling umum dan efektif dalam menghancurkan sel-sel kanker payudara dan usus besar. Mereka mengandung tingkat quercetin dan anthocyanin yang tinggi, dua senyawa yang memicu sel kanker untuk bunuh diri. Senyawa ini membuat lingkungan tidak menguntungkan untuk sel kanker dan ini akan mengakibatkan menghentikan pertumbuhannya.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bawang mengandung vitamin C yang memperkuat sistem kekebalan tubuh dan merangsang fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, polifenol dalam bawang bekerja sebagai antioksidan, yang membantu melindungi tubuh terhadap radikal bebas.

5. Mempertahankan kepadatan tulang

Sebuah studi penelitian menunjukkan bawang meningkatkan kepadatan tulang pada perempuan yang sedang mengalami atau telah menyelesaikan menopause. Perempuan yang makan bawang lebih sering memiliki risiko patah tulang pinggul 20 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak pernah makan bawang.(genpi/jpnn)

  • Dipublish : 28 Juli 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami