Ini Makanan dan Minuman Pemicu Asam Urat Kambuh

Ilustrasi kue. Foto: Pixabay
Ilustrasi kue. Foto: Pixabay
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

JaringanMedia.co.id, JAKARTA – ASAM urat merupakan penyakit yang memengaruhi sendi tubuh Anda. Ada beberapa makanan dan minuman yang bisa meningkatkan risiko asam urat Anda kambuh lagi. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Minuman Berpemanis

Minuman dengan penambahan bahan pemanis jenis fruktosa bisa memicu risiko seseorang terkena asam urat atau memicu asam urat kambuh. Minuman dengan kadar gula tinggi bisa membuat asam urat kambuh. Hal ini juga memengaruhi kadar gula darah yang akan berhubungan dengan kadar asam urat di dalam tubuh. Minuman ini biasanya berjenis jus buah, soda, minuman berperisa, jus jeruk, minuman energi, jus konsentrat buah, jus buah segar yang diperas, dan es teh manis.

2. Makanan Lemak Tinggi

Makanan mengandung lemak tinggi akan tetap bertahan pada ginjal. Sebaiknya hindari atau membatasi makanan jenis gorengan. Hindari juga produk susu tinggi lemak, makanan penutup tinggi gula, dan makanan tinggi lemak lainnya. Makanan lemak tinggi juga mengandung kolesterol yang bisa berhubungan dengan meningkatnya risiko serangan asam urat.

3. Alkohol

Alkohol jenis bir dan whiskey merupakan minuman tinggi purin. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi alkohol bisa meningkatkan kadar asam urat. Alkohol juga bisa menyebabkan dehidrasi yang memengaruhi kemampuan tubuh dalam mengeluarkan asam urat dari tubuh.

Untuk meredakan atau menurunkan kadar asam urat yang tinggi sebaiknya ubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Perbanyak makanan bergizi dan bernutrisi. Batasi makanan tinggi purin, berolahraga dan memperbanyak minum air putih.(genpi/jpnn/jm)

 

  • Dipublish : 28 April 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami