Ini Penampakan Seragam Satpam Terbaru

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id – Satpam resmi menggunakan seragam baru. Jika sebelumnya seragam tersebut mirip sekali dengan seragam anggota polisi yang berwarna coklat, seragam satpam kini berubah menjadi warna krem.

Seragam baru ini sudah dikenakan para satpam saat upacara peringatan HUT Satpam ke-41 di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta Selatan, pada Rabu (2/2).

Secara penampakan, seragam satpam terbaru ini tetap memiliki corak mirip anggota polisi. Mulai dari celana, ikat pinggang, hingga topi masih menyerupai. Penampakan kontras yang membedakan satpam dan anggota polisi hanya terlihat pada bagian kemeja warna krem.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyampaikan selamat atas HUT Satpam ke-41. Dia berharap satpam bisa memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

“Semoga rekan-rekan satuan keamanan profesional dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas, dan tentunya kehadirannya betul-betul dirasakan masyarakat,” kata Sigit.

Sigit mengajak para satpam mengenang Kapolri kedelapan, Jenderal (Purn) Pol Awaloedin Djamin. Sebab, dialah sosok pencetus lahirnya satpam.

Satpam resmi dibentuk pada 1980. Satpam dikategorikan sebagai pengamanan swakarsa sesuai pasal 3 ayat (1) Undang-Undang Nomor 2 tahun 2002. “Satpam diharapkan mampu mendeteksi potensi kejahatan secara dini dan dapat melakukan tindakan pencegahan serta cepat sebagai bagaian dari pemolisian yang prediktif,” kata Sigit.

Lebih lanjut, mantan Kabareskrim Polri itu menilai, satpam memiliki peran penting dalam pemeliharaan kamtibmas. Dengan semakin berkembangnya zaman, maka tugas satpam akan semakin kompleks.

“Tentunya perkembangan lingkungan strategis tersebut berimplikasi terhadap kompleksitas dan tanggung jawab dan masalah-masalah yang tentunya kita harus hadapi bersama sebagai konsekuensi pemeliharaan dan menjaga Kamtibmas,” pungkas Sigit. (jpc/jm)

  • Dipublish : 2 Februari 2022
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami