Jadwal PON 2020 Sudah Menemui Titik Terang

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id – Jadwal Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua menemui titik terang. Jadwal PON XX terbaru diusulkan pada 2–13 Oktober 2021. Usulan tersebut disampaikan pada virtual meeting antara KONI pusat dan KONI daerah I kemarin (12/5).

Semula PON XX bergulir pada 20 Oktober–2 November 2020. Jadwal itu ditunda lantaran pandemi Covid-19 terus meluas ke berbagai daerah. Akhirnya, pemerintah memutuskan untuk memundurkan jadwal PON XX.

Sekjen KONI Pusat Ade Lukman menyatakan, usulan tersebut mempertimbangkan jadwal SEA Games 2021 yang berlangsung pada 21 November–2 Desember 2021 di Vietnam.

’’Jadi, ada waktu sebulan bagi yang ikut SEA Games untuk recovery. Dengan begitu, mereka juga bisa mendapat peak (performance) saat SEA Games,’’ ujar Ade.

Rencananya, pembukaan dilakukan pada 2 Oktober 2021. Kemudian, penutupan diadakan pada 13 Oktober 2021. Sebelum pembukaan, ada beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan.

Usulan itu memang belum dijadikan keputusan resmi. Mereka masih harus melapor kepada Menpora Zainudin Amali dan PB PON. Selain jadwal, pada rapat tersebut ada beberapa poin yang disepakati. Salah satunya, nomenklatur bakal berubah menjadi PON XX Tahun 2021. Tidak ada babak kualifikasi lagi sehingga batasan usia atlet sesuai dengan aturan sebelumnya.

’’Kami masih terus berkoordinasi untuk persiapan ke depan. Jadi, kami harus memanfaatkan waktu yang ada dengan lebih baik. Harapannya bisa secepatnya agar segera mencapai kesepakatan,’’ tutur Ade.

Sementara itu, Ketum PP Perpani Illiza Sa’aduddin Djamal menjelaskan, dengan adanya usulan jadwal tersebut, pihaknya segera mengadakan pertemuan dengan pengprov. Sempat ada wacana atlet yang ikut SEA Games 2021 tidak bisa bermain di PON XX.

’’Kami ingin fokus karena jadwal tahun depan itu padat. Tetapi, mengingat PON juga ajang prestasi tertinggi di Indonesia, harus menunggu keputusan bersama,’’ tutur Illiza. (jpg)

  • Dipublish : 13 Mei 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami