Jangan Berlebihan Konsumsi Vitamin C, Ini 4 Bahayanya

Ilustrasi Vitamin C (pixabay)
Ilustrasi Vitamin C (pixabay)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id, JAKARTA – VITAMIN C adalah nutrisi yang sangat penting yang berlimpah di banyak buah dan sayuran. Mendapatkan cukup vitamin Cini sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Mengonsumsi vitamin C setiap hari memang sangat penting. Namun apabila vitamin C dikonsumsi tidak sesuai aturan dan terlalu banyak, bisa membahayakan tubuh.

Berikut risiko yang dialami jika terlalu banyak konsumsi vitamin C, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Mengganggu pencernaan 

Dampak yang paling sering terjadi karena kelebihan mengonsumsi vitamin C adalah mengganggu masalah pencernaan. Saluran pencernaan akan mengalami iritasi dan Anda akan mengalami diare yang berkepanjangan.

2. Batu ginjal

Risiko lainnya adalah menjadi penyebab munculnya batu ginjal. Vitamin masuk ke dalam tubuh akan berubah menjadi zat yang disebut oksalat. Beberapa oksalat akan dikeluarkan menjadi urine. Kalau oksalat ini jumlahnya cukup tinggi, ini akan mengendap hingga membentuk deposit yang menjadi penyebab batu ginjal.

3. Overdosis

Mengonsumsi vitamin atau asupan kesehatan lain tentu memiliki batas toleransi. Batas vitamin C dalam tubuh yaitu 2000 miligram per hari. Lebih dari itu, Anda bisa mengalami overdosis, tubuh menjadi kebal terhadap obat.

4. Hemokromatosis

Hemokromatosis adalah kondisi di mana tubuh kelebihan zat besi. Di mana kondisi ini paling sering memengaruhi fungsi hati, jantung dan pankreas. Meski vitamin C dipercaya para pakar bisa menyerap zat besi, tetapi mengonsumsi secara berlebihan justru membuat fungsi organ tersebut terganggu.(genpi/jpnn)

  • Dipublish : 17 Juni 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami