Jokowi Bawa Kapolri dan Panglima TNI Tinjau PPKM Mikro

Presiden Joko Widodo meninjau langsung pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro di RW 01, Kelurahan Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat (25/6). Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo meninjau langsung pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro di RW 01, Kelurahan Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat (25/6). Biro Pers Sekretariat Presiden
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jaringanmedia.co.id – Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro di RW 01, Kelurahan Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat (25/6). Kehadiran pria yang akrab disapa Jokowi itu dadakan dan tidak dijadwalkan dalam agenda resminya.

Jokowi tampak didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Baca Juga: Rahmad Prediksi Alasan Presiden Jokowi Ambil Kebijakan PPKM Mikro, Begini Setibanya di lokasi, Jokowi langsung berdialog dengan Lurah Rawasari Muhammad Arief Biki dan ketua RW 01.

“Jadi, saya memang dadakan ke sini untuk memastikan PPKM mikro itu berjalan atau tidak berjalan. Tadi disampaikan oleh Bu RW dengan yakin berjalan,” ujar Jokowi di lokasi seusai peninjauan. Jokowi mengharapkan pelaksanaan PPKM mikro bisa dilaksanakan secara efektif.

 

 

Tidak hanya di tempat yang ditinjau, tetapi di semua wilayah terkecil di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, Jokowi meminta unsur TNI dan Polri membantu para kepala daerah melaksanakan PPKM mikro di wilayah terkecil.

“Saya minta betul gubernur, bupati, wali kota di seluruh tanah air dari Sabang sampai Merauke dibantu oleh Pangdam, Kapolda, di tingkat lebih bawah Danrem, Dandim, Kapolres menggerakkan Babinsa, Bhabinkamtibmas untuk mendampingi pemda, mendampingi kelurahan, mendampingi RW, dalam rangka pelaksanaan PPKM mikro,” paparnya.

Jokowi menilai yang diperlukan sekarang ini ialah tindakan lapangan, pengawasan, dan kontrol. “Percuma kami membuat sebuah kebijakan, policy, tetapi di bawah tidak berjalan,” ujar mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Lurah Rawasari melaporkan bahwa PPKM mikro di wilayahnya telah berjalan dengan efektif. Pengetatan implementasi PPKM mikro di wilayah Kelurahan Rawasari antara lain dilakukan dengan memberlakukan one gate system terkait akses keluar masuk wilayah tersebut.

Kemudian, memberikan dukungan bagi warga setempat yang melakukan isolasi mandiri. “Bagi warga yang isolasi mandiri di-support oleh warga kami. Kebutuhan pokoknya kami penuhi, pak, berupa makannya.

Kami juga dari Pemprov DKI di sini memberikan support berupa bahan pangan yang kami peroleh dari Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta,” ujar Muhammad Arief. Setelah meninjau pelaksanaan PPKM mikro tersebut, Jokowi kembali menegaskan harapannya agar hal serupa bisa dilaksanakan di seluruh provinsi. (jppn/jm)

  • Dipublish : 26 Juni 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami