Jokowi Naikkan Lagi Iuran BPJS, KPCDI akan Gugat Perpres ke MA

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JAKARTA,– Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. Dalam aturan ini, pemerintah memutuskan menaikkan iuran untuk kelas I dan II per Juni 2020, sementara iuran kelas III akan naik pada 2021.

Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia (KPCDI) menyayangkan keputusan pemerintah tersebut yang dikeluarkan di tengah pandemi Covid-19. “Walau ada perubahan jumlah angka kenaikan, tapi masih dirasa memberatkan masyarakat apalagi di tengah kondisi ekonomi yang tidak menentu saat ini. KPCDI menilai hal itu sebagai cara pemerintah untuk mengakali keputusan MA tersebut,” ujarnya dalam keterangannya, Rabu (13/5).

KPCDI menilai, harusnya pemerintah tidak menaikkan iuran pada segmen kelas III, sehingga tidak menambah beban ekonomi masyarakat. “KPCDI berencana mengajukan uji materi ke MA kembali atas Perpres tersebut. Dan saat ini KPCDI sedang berdiskusi dengan Tim Pengacara dan menyusun materi gugatan,” ucapnya. (jp)

  • Dipublish : 13 Mei 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami