Juara Australia Open Junior 2020

Caption Foto: BIKIN BANGGA: Petenis belia Indonesia, Priska Madelyn Nugroho merebut gelar juara Australia Open 2020 kategori Junior Girls Doubles berpasangan dengan pemain Filipina, Alexandra Eala. (Twitter @tenis_indonesia)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JAKARTA – Petenis belia Indonesia, Priska Madelyn Nugroho menorehkan tinta emas Tenis Indonesia di mata dunia. Bergelut di level junior kategori Junior Girls Doubles atau ganda putri junior, petenis berusia 18 tahun itu sukses meraih gelar juara Australian Open 2020.

Berpasangan dengan pemain Filipina, Alexandra Eala, Priska berhasil mengalahkan menaklukkan Ziva Falkner (Slovenia)/Matilda Mutavdzic (Britania) di babak final.

Dalam duel yang berlangsung di Lapangan 13, Melbourne, Australia, Jumat (31/1) kemarin, Priska / Eala menang dua set langsung 6-1 dan 6-2 atas Ziva/Matilda. Pertandingan final boleh dibilang berlangsung lebih mudah bagi Priska Nugroho.

Pasalnya, ia harus melalui tie break pada babak semifinal melawan Kamilla Bartone / Linda Fruhvirtova, 6-1, 7-5 (8-10). Namun, di babak final Priska/Eala yang sudah berpasangan sejak 2017 silam, merebut set perama dengan cukup mudah.

Mereka langsung melesat 5-0 untuk akhirnya menang 6-1 atas pasangan non unggulan tersebut. Memasuki set kedua, perlawan lebih alot di tunjukkan oleh Ziva/Matilda. Pasangan Eropa ini merebut gim pertama, namun Priska/Eala yang menyandang status unggulan keempat kemudian bisa menyamakan kedudukan 1-1.

Setelah itu Priska/Eala melaju untuk memenangi dua gim berikutnya yang mengubah skor menjadi 3-1, sebelum lawan memperkecil ketertinggalan menjadi 3-2.

Namun, nampaknya gim itu menjadi terakhir yang didapat sang lawan. Terbukti, Priska/Eala langsung melesat dan berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 6-2.

Bagi Priska, keberhasilan ini membayar kegagalan di Australia Open sebelumnya. Ya, pada edisi sebelumnya, Priska hanya mampu melaju hingga babak ketiga di sektor tunggal serta babak pertama di sektor ganda.

Selain itu, gelar itu juga membayar hasil kurang maksimal, Priska di nomor tunggal putri tahun ini. Dimana, petenis kelahiran Jakarta, 6 Januari 2002 itu tersingkir di putaran ketiga usai dikalahkan petenis non unggulan asal Jerman, Alexandra Vecic 2-6, 2-6 dalam waktu 54 menit.

Namun, Priska menjadi putri ketiga Indonesia yang berhasil memenangi turnamen Grand Slam di level junior. Sebelumnya, Indonesia memiliki Angelique Widjaja yang pernah tiga kali juara Grand Slam junior dan Tami Grende yang menjuarai Wimbledon 2014.

“Hari ini kita bermain sangat baik dari awal sd akhir. Meskipun kondisi nunggu berjam-jam karena suhu terlalu tinggi, kita berhasil untuk bisa manage stay calm dan fokus,” ujar Priska seperti kutipan komentar yang diterima Fajar Indonesia Network (FIN), Jumat (31/1) kemarin.

Prestasi gemilang petenis yang mengidolakan Roger Federer itu sangat diapresiasi oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Melalui Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto, mengaku bahwa kemenpora sangat mengapresiasi prestasi yang ditorehkan oleh Priska. “Tentu saja kami sangat mengapresiasai prestasi Priska yang sangat luar biasa ini,” ungkap Gatot, kemarin.

Apalagi sebelumnya pada saat Priska berhasil menembus babak semifinal Australia Open Junior 2020 ini, Gatot mengaku bahwa pihaknya sangat mengharapkan Priska mampu menembus babak final dan meraih gelar juara di ajang tersebut. Nampaknya, harapan itu saat ini menjadi kenyataan. Namun ketika ditanyakan bonus untuk Priska yang menjadi juara Austrlia Open Junior 2020 ini, Gatot menyebutkan belum mengetahuinya. “Belum tahu (ada bonus atau tidak),” ujar Gatot.

Disisi lain, Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Lawn Tenis Indonesia (PP Pelti), Rildo Ananda Anwar jug sangat mengapresiasi kebehasilan petenis yang mengayun raket sejak usianya masih empat tahun tersebut. Ia berharap, keberhasilan Priskamenjadi motivasi untuk para petenis Indonesia lainnya dalam mengejar prestasi.

“Selamat Priska Madelyn Nugroho. Kami bangga petenis Indonesia kembali bisa meraih gelar juara ganda di GrandSlam Australia Terbuka. Semoga prestasi Priska menjadi inspirasi bagi petenis lainnya,” ujar Rildo Ananda Anwar seperti ciutan di twitter resmi Pelti @tenis_indonesia. (gie/fin/tgr)

  • Dipublish : 1 Februari 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami