Juara Lagi Setelah 581 Hari, Marquez: Momen Terberat dalam Karir

Marc Marquez merayakan keberhasilannya menjadi juara GP Jerman 2021. (Ronny Hartmann/AFP)
Marc Marquez merayakan keberhasilannya menjadi juara GP Jerman 2021. (Ronny Hartmann/AFP)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id –GP Jerman 2021 menjadi saksi “comeback” terhebat. Yakni ketika Marc Marquez meraih kemenangan pertamanya setelah absen sembilan bulan dari balapan karena cedera. Ini adalah kemenangan pertama Marquez dalam 581 hari, atau setelah dia menang di GP Valencia 2019.

Marquez menunjukkan tanda-tanda kembali kompetitif setelah tampil tercepat di sesi latihan bebas pertama. Dan Marquez akhirnya membuktikan dirinya siap menantang kembali para juara kelas premier dengan kemenangan di Sirkuit Sachsenring.

Sang juara dunia delapan kali itu menyelesaikan balapan sepanjang 30 putaran itu dengan dominan sejak start hingga menyentuh garis finis. Marquez mencatat waktu 1,610 detik di depan pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira.

Pemuncak klasemen sementara Fabio Quartararo melengkapi podium setelah finis ketiga. Dia terpaut 6,7 detik dari Marquez.

Marquez saat ini menjadi pembalap paling dominan di Sachsenring. Dia mengantongi tujuh kemenangan di kelas premier sejak melakukan debut di MotoGP pada 2013. Dia juga meraih tiga kemenangan di kelas 125cc dan Moto2. Artinya, Marquez belum terkalahkan di sirkuit Jerman itu sejak 2010.

Rekor kemenangan Marquez bertahan ketika GP Jerman batal digelar karena pandemi Covid-19 pada 2020.

Juara dunia delapan kali tersebut menghadapi tantangan tersendiri saat tiba di Jerman. Sebab, finis terbaik Marquez musim ini adalah peringkat ketujuh.

Kewalahan dengan lengan kanannya, yang cedera sejak Juli tahun lalu, dan juga bahunya, Marquez tak mengalami masalah melibas tikungan ke kiri. Padahal, sirkuit itu berlawanan arah jarum jam.

Baca Juga: Sudah Vaksin Tapi Masih Kena Covid, Ini Penjelasan Pakar Epidemiologi

Di Jerman, Johann Zarco boleh jadi menghentikan rentetan lima pole position Quartararo. Namun, justru Marquez yang mengambil alih pimpinan lomba dari Aleix Espargaro di pengujung lap pembuka setelah melesat dari P5.

Di sisi lain, Brad Binder menambah selebrasi tim KTM. Sebab dia finis P4 mengalahkan duet pembalap Ducati Francesco Bagnaia dan Jack Miller.

Setelah delapan balapan, Quartararo memperlebar jaraknya sebagai pemuncak klasemen pembalap dengan koleksi 131 poin. Dia unggul 22 poin dari Zarco yang membayangi di peringkat dua. Jack Miller ada di posisi ketiga, tertinggal 31 poin.

Dan dengan tambahan 25 poin, Marquez naik ke peringkat sepuluh dengan koleksi 41 poin. (jpc/jm)
  • Dipublish : 21 Juni 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami