Juku Eja Makassar Berjaya di Ibu Kota

PSM Makassar berhasil mengalahkan Shan United 3-1 pada laga kedua babak penyisihan Grup H Piala AFC 2020 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Rabu (26/2) kemarin. (MO PSM)
PSM Makassar berhasil mengalahkan Shan United 3-1 pada laga kedua babak penyisihan Grup H Piala AFC 2020 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Rabu (26/2) kemarin. (MO PSM)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JAKARTA – PSM Makassar berhasil menuai hasil positif kala melakoni laga kedua babak penyisihan Grup H Piala AFC 2020. Ya, tim berjuluk Juku Eja berhasil menang atas Shan United.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Madya, Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Rabu (26/2) kemarin, tim PSM sukses menggulung wakil Myanmar tersebut dengan skor 3-1.

Tiga gol kemenangan tim kebanggaan masyarakat Makassar itu diciptakan oleh Giancarlo Lopes Rodrigues, Yakob Sayuri dan Ferdinand Sinaga. Sedangkan satu satunya gol tim tamu dicetak oleh Htet Phyo Wai.

Tampil menggebrak sejak babak pertama dimulai, PSM mampu mencetak keunggulan saat laga baru berjalan tiga menit. Giancarlo Lopes yang sukses pertama kali membobol gawang tim tamu lewat sundulan kerasnya.

Memanfaatkan umpan silang yang akurat dari Asnawi Mangkualam Bahar, pemain asal Brasil itu melompat tinggi dan menanduk bola hingga akhirnya mengoyak jala gawang tim tamu yang dikawal Thiha Sithu.

Unggul satu gol, PSM tidak mengendurkan serangannya. Akan tetapi upaya Osas Saha dan kawan-kawan untuk menambah keunggulan selalu menemui jalan buntu. Tim lawan seakan memperketat pertahanannya usai menerima gol cepat dari PSM tersebut.

Meski PSM nampak lebih menguasai jalanya pertandingan, namun tim tamu tidak tinggal diam. Sesekali, Shan United juga sempat memberikan ancaman ke gawang PSM yang dikawal Miswar Saputra. Akan tetapi, hingga turun minum skor 1-0 untuk kemenangan PSM tidak berubah.

Memasuki babak kedua, PSM terus melanjutkan serangannya. Delapan menit paruh kedua bergulir, PSM berhasilmenambah keunggulannya menjadi 2-0. Kali ini, Yakob Sayuri yang mencatatkan namanya di papan skor.

Berawal dari Leo Guntara yang sukses melewati tiga pemain Shan United melakukan umpan tarik yang sempurna kepada Sayuri. Dengan tenang, Sayuri mampu menendang si kulit bundar dengan kaki kirinya untuk merobek jala gawang tim tamu.

Namun, tim tamu mampu memperkecil kedudukan pada menit ke-78 setelah tendangan keras dari luar kotak penalti yang dilakukan Htet Phyo Wai berhasil masuk kegawang PSM Makassar.

Jelang babak kedua berakhir, pemain yang mulai mengalami kelelahan membuat jalannya tempo pertandingan menjadi lebih lambat. Namun di babak perpanjangan waktu Ferdinand Sinaga menambah keunggulan PSM Makassar di menit ke 90+5 meneruskan umpan dari Yakob Sayuri.

Setelah gol ini, tak lama berselang pertandingan berakhir. Skor 3-1 menjadi akhir pertandingan antara PSM Makassar menghadapi Shan United pada laga kedua babak penyisihan Grup H Piala AFC 2020.

Kendati demikian, juru taktik PSM Bojan Hadok, mengaku tim lawan bermain dengan intensitas tinggi. “Laganya memang keras dan berat untuk kedua tim apalagi dimainkan pada pukul 15.30,” kata eks pelatih Johor Darul Tazim dalam konfrensi pers seusai laga.

Menurutnya, kedua tim tidak bisa menampilkan performanay yang apik akibat kondisi cuaca yang panas. Meski anak asunya bisa meraih tiga poin, skuat Shan United juga bisa memaksimalkan peluang yang mereka miliki. “Rizky Pellu dan (Ahmad) Agung melakukan kerja yang baik hari ini, mereka bisa mendapat kredit lebih,” terang pelatih berpaspor Kroasia tersebut.

Dengan kemenangan ini, membawa PSM meraih tiga poin pertamanya di Grup H Piala AFC 2020. Kemenangan ini jga sekaligus menjaga peluang PSM lolos dari grup, setellah di laga perdana mereka kalah 1-2 dari wakil Singapura Tampines Rovers.

Sedangkan, Shan United masih harus berjuang jika ingin lolos grup, mengingat ini menjadi kekalahan keduanya lantaran sebelumnya mereka menuai hasil serupa kala berhadapan dengan wakil Filipina Kaya FC. (gie/fin/tgr)

  • Dipublish : 27 Februari 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami