Kabinet Indonesia Maju, Respons Pasar Fluktuatif

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

JAKARTA,- Pengumuman kabinet ditanggapi positif oleh pasar. Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup menguat 32,31 poin atau 0,52 persen ke level 6.257,81 kemarin (23/10). Sebelumnya, IHSG sempat bertengger di zona merah. Namun, kondisi itu berbalik menguat seiring dengan adanya sentimen kembali terpilihnya Sri Mulyani di pos Menkeu.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS juga tercatat ditutup melesat pada perdagangan kemarin. Awalnya, nilai tukar rupiah dibuka menguat tipis 6 poin atau 0,04 persen di level Rp 14.034 per USD pada perdagangan kemarin pagi.

Sejam kemudian pada pukul 09.00, rupiah berbalik melemah dan terdepresiasi tipis 4 poin atau 0,03 persen ke level Rp 14.045 per dolar AS saat indeks dolar AS bergerak flat di posisi 97,528.

Hingga pada penutupan perdagangan, kondisi berbalik. Nilai tukar rupiah di pasar spot ditutup menguat 9 poin atau 0,06 persen ke level Rp 14.032 per dolar AS.

Terkait pergerakan tersebut, Direktur Riset CORE Indonesia Piter Abdullah menuturkan, rupiah sempat mengalami pelemahan karena adanya keraguan pasar terhadap tim ekonomi. Dengan komposisi kabinet saat ini, khususnya di bidang ekonomi, pihaknya tidak cukup optimistis.

”Lupakan mimpi untuk bisa menjadi negara ekonomi terbesar nomor 5 tahun 2045. Kita harus siap-siap menghadapi menumpuknya masalah karena tidak mampunya kita menyelesaikan PR ekonomi pada periode kedua Presiden Jokowi,” tuturnya. (jp)

  • Dipublish : 24 Oktober 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami