KADIS Diduga Salah Gunakan APBD Kab. Bone

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

WATAMPONE — Anggaran APBD Bone tahun 2017 untuk Dinas Lingkungan Hidup (DLH) masih bergulir di Polres Bone. Sang Kadis disinyalir menggunakan uang rakyat untuk kepentingan pribadi.

Status kasus tersebut sudah naik ke tahap penyidikan sejak awal 2019. Perhitungan kepolisian, kerugian negara sekitar Rp900 juta dari total anggaran Rp4 miliar yang diperuntukkan untuk pengadaan barang dan jasa.

Meski begitu, sampai saat ini belum ada juga tersangka. “Masih tahap perhitungan kerugian negara. Namun, disinyalir kadisnya menggunakan anggaran tersebut untuk kepentingan pribadi. Tapi yang pasti, nanti setelah perhitungan dari BPK pusat,” kata Kasat Reskrim Polres Bone, IPTU Moh Pahrun Senin, 26 Agustus.

Kata Pahrun, saat ini ada BPK pusat sedang di Bone melakukan audit investigasi. Mereka akan melakukan perhitungan sampai Selasa (hari ini). Penyidik juga akan terus melengkapi apa yang menjadi kebutuhan dan kekurangan dari auditor BPK. “Kalau ada kekurangan, kita akan melengkapi keterangan yang mereka butuhkan. Ini yang dilidik anggaran tahun 2017,” tambahnya.

Dalam kasus ini, penyidik sudah memeriksa lima kepala bidang di lingkup DLH. Termasuk kepala dinas juga telah dimintai keteranganya. Saat ini sejumlah Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) yang diduga mengetahui proses penganggaran juga diperiksa.
Kadis DLH Bone, Asmar Arabe menyampaikan, itu hanya pemeriksaan biasa. Sebelum itu pihaknya juga sudah pernah diaudit oleh Inspektorat, dan diaudit oleh BPK.

“Sementara sekarang ini Polres menindaklanjuti dengan menghadirkan BPK, untuk membuktikan kerugian negara tentu BPK melakukan pemeriksaan,” ucapnya.

Kata Asmar, pemeriksaan BPK sebelumnya tidak ada temuan seperti itu dan tidak ada rekomendasi. Cuma karena ada pelaporan, jadi polres tindak lanjuti laporan tersebut. “Kita lihat saja nanti setelah diuji. Yang jelas tidak ada yang fiktif,” bantahnya. (gun/iad)

 

Sumber: fajar.co.id

  • Dipublish : 27 Agustus 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami