Kemendagri Memprediksi 224 Kepala Daerah Berpotensi Bakal Maju Lagi Dalam Pilkada 2020

Ilustrsi Pilkada serentak 2020 (Kokoh Praba Wardani/JawaPos.com)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JAKARTA,- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memprediksi 224 kepala daerah berpotensi bakal maju lagi dalam Pilkada 2020 mendatang. Ratusan kepala daerah itu bakal mengadu nasibnya karena baru satu periode menjabat.

“Kan petahana itu orang yang sedang menjabat (kepala daerah) hari ini dan kemudian maju lagi. Dari 270 kepala daerah penyelenggara pilkada, yang jabatannya masih satu periode tercatat ada 224 (yang diprediksi maju lagi),” kata Kapuspen Kemendagri, Bahtiar di kantornya, Rabu (29/1) kemarin.

Bahtiar menyampaikan, data tersebut merupakan hasil dari laporan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kepada Kemendagri. Kendati demikian, hal itu sepenuhnya menjadi keputusan masing-masing para kepala daerah untuk maju lagi sebagai petahana atau tidak.

“Tapi apa maju lagi atau tidak itu tergantung beliau (para calon petahana),” terang Bahtiar.

Bahtiar menyebut, keputusan itu baru bisa terlihat pada Juni 2020. Karena itu merupakan batas waktu pencalonan kepala daerah.

“Benar maju atau tidak setelah penetapan calon bulan enam besok,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Pilkada 2020 akan diikuti oleh 270 daerah dengan rincian sembilan provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota. Pilkada Serentak 2020 merupakan Pilkada Serentak gelombang keempat yang dilakukan untuk kepala daerah hasil pemilihan Desember 2015. (jp/jm)

  • Dipublish : 30 Januari 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami