Kementan Fokus Perkuat 3 Bahan Pokok untuk Wujudkan Kemandirian Pangan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JAKARTA – Guna mengejar kemandirian pangan, Kementerian Pertanian memfokuskan peningatan produksi tiga bahan pokok meliputi bawang putih, gula pasir dan daging sapi.

“Tiga bahan pokok ini terus diintensifkan dan terus diupayakan oleh semua pihak. Pertama masalah bawang putih, kedua adalah masalah gula pasir dan ketiga adalah daging sapi,” ujar Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dalam telekonferensi pers terkait pemenuhan bahan pangan, Sabtu (25/4).

Untuk ketersediaan gula pasir sendiri, raw sugar yang telah tiba di Indonesia sebesar 250 ribu ton pun akan segera diolah menjadi gula pasir.

“Paling lambat di minggu terakhir puasa. Gula pasir sudah berproses cukup kuat, gula pasir itu dialihkan diambil dari raw sugar, dialihkan menjadi gula putih atau gula pasir dan kurang lebih 250 ribu sudah tersedia,” jelasnya.

Pasokan daging sapi untuk saat ini pun tengah mengalami masalah, yakni dari segi logistiknya. Bahkan, diproyeksikan pasokan daging sapi untuk persiapan lebaran akan terhambat.

“Daging sapi agak terlambat karena beberapa negara importir kita sekarang ini terjadi lockdown atau melakukan penutupan pelabuhannya sehingga terlambat untuk pengiriman,” tambahnya.

Komoditas bawang putih pun turut harus segera dibenahi. Pasalnya, komoditas tersebut masih bergantung pada impor dari Tiongkok. “Masalah bawang putih, karena bawang putih masih impor,” tutup dia. (jp)

  • Dipublish : 27 April 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami