Kena OTT KPK, PKB Akan Bahas Sanksi Untuk Bupati Sidoarjo Saiful Ilah

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah tiba di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sekitar pukul 09.12 WIB, Rabu (8/1) (Istimewa)
Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah tiba di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sekitar pukul 09.12 WIB, Rabu (8/1) (Istimewa)
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

JAKARTA,- Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Hasanuddin Wahid angkat bicara menanggapi Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. Dia mengatakan akan menghormati kasus yang saat ini ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu.

Selain itu, pihaknya juga mengaku tidak akan mengintervensi kasus yang menjerat kader PKB tersebut. “Ini proses hukum. Jadi kita tunggu keterangan resmi KPK baru nanti PKB akan menjelaskan semuanya,” ujar Hasanuddin di Kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka, Jakarta, Rabu (8/1).

Terpisah, Ketua DPP PKB Ahmad Iman mengaku kaget saat Saiful Ilah terkena OTT oleh lembaga antirasuah. “Kami kaget dan prihatin mendengar kabar itu. Prinsipnya PKB menghormati proses hukum yang dilakukan KPK,” katanya kepada JawaPos.com.

Mengenai sanksi, nantinya akan ada pembahasan lebih lanjut di internal partai yang dikepalai Muhaimin Iskandar alias Cak Imin tersebut. “Jadi soal sanksi nanti akan dibahas dan diputuskan,” ungkapnya.

Sebelumnya, tim penindakan KPK melakukan OTT di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Bupati Sidoarjo Saiful Ilah turut terjaring dalam operasi senyap tersebut.

Ketua KPK Firli Bahuri menyampaikan, operasi kedap itu dilakukan terkait dugaan kasus pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Sidoarjo. Bahkan, belasan orang turut diperiksa di Mapolda Jatim pada Selasa (7/1) malam.

“Terkait pengadaan barang dan jasa. Belasan orang telah dimintai keterangan di Mapolda Jatim,” kata Filri saat dikonfirmasi, Rabu (8/1).

KPK mempunyai waktu 1×24 jam untuk menentukan status hukum Bupati Sidoarjo serta pihak lainnya yang turut diamankan. KPK berencana menggelar konpers terkait OTT di Sidoarjo tersebut sore ini. (jp)

  • Dipublish : 8 Januari 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami