Kesalahan Belanja Anggaran Capai Rp 24 Miliar

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

PANGKEP — Tidak matangnya perencanaan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam penyusunan belanja, berakibat fatal. Ditemukan ada sekitar Rp24 miliar anggaran yang salah belanja.

Kekeliruan itu disampaikan anggota DPRD Pangkep, Andi Amir Amin. Menurutnya dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK, terdapat Rp24 miliar anggaran yang tidak tepat peruntukannya.

“Ada beberapa temuan hasil pemeriksaan dari BPK, ini yang kami di dewan segera tindaklanjuti. Terlebih lagi tingginya anggaran yang masuk dalam kesalahan belanja OPD,” ungkapnya, Minggu, 11 Agustus.

Amir menjelaskan, tingginya kesalahan belanja anggaran yang tidak diperhatikan OPD itu, disebabkan tidak cermatnya para OPD dalam menyusun dan perencanaan belanja pada APBD 2018.

“Kesalahan penganggaran belanja senilai Rp24 miliar pada 16 OPD. Ini membuktikan bahwa OPD tidak cermat dalam perencanaan tahun anggaran 2018,” kritiknya.

Amir melanjutkan, salah satu kesalahan belanja yang dilakukan OPD yaitu, tingginya belanja hibah. Padahal hal itu tidak masuk dalam persetujuan DPRD.

“Belanja hibah naik. Padahal anggaran hibah ini di luar dari perencanaan dan persetujuan terlebih dahulu di DPRD,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Pangkep, Abdul Gaffar mengaku, pihaknya telah berkali-kali mengingatkan pada seluruh OPD agar memaksimalkan perncanaan dan penyusunan anggaran belanja. Ia terkesan menyalahkan OPD.

“Sebenarnya kita sudah asistensi semua OPD, agar setiap perencanaan dan penganggaran itu dicermati. Pelatihan dan diskusi non formal terus kita lakukan agar sesuai dengan aturan,” jelasnya.

Gaffar mengakui, jika masih ada OPD yang merencanakan kegiatan tidak sesuai dengan target yang dicanangkan. Itu jelas melanggar.

“Jika ada temuan kemungkinan tidak tepat sasaran, itu kami belum paham. Tetapi kalau tahapan proses penyusunan kegiatan kami tidak berani juga jika tidak mengikuti proses sesuai aturan,” katanya. (fit)

 

 

Sumber: fajar.co.id

  • Dipublish : 12 Agustus 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami