Ketersediaan Air Baku Berkurang

Ilustrasi: Pixabay
Ilustrasi: Pixabay
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

BANJAR – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Anom Kota Banjar akan melakukan sistem buka tutup aliran air ke pelanggan secara terjadwal dan bergiliran. Buka tutup aliran air terjadwal dilakukan karena saat ini jumlah ketersediaan kapasitas air baku berkurang.

“Akibat dampak kemarau, stok air baku PDAM berkurang sehingga dampak yang timbul itu aliran air ke pelanggan kadang normal dan kadang tersendat (kering) pada jam-jam tertentu,” kata Direktur PDAM Tirta Anom Kota Banjar E Fitrah Nurkamilah di ruang kerjanya Jumat (13/12).

Dengan sistem buka tutup secara bergilir, dia berharap pelanggan PDAM bisa mengetahui kapan air akan mengalir dan kapan waktunya air tidak mengalir. Sistem ini akan berjalan selama persediaan air baku belum normal.

“Nanti diharapkan masyarakat (pelanggan) mengetahui kapan jadwal aliran air ditutup (tidak mengalir), kondisinya memang saat ini air bakunya kurang sehingga kami terpaksa mencari solusi supaya masyarakat bisa menyetok persediaan air sebelum jam tutup aliran diberlakukan. Kita akan sesuaikan paling lama waktu penutupannya sekitar empat jam,” katanya.

Pihaknya saat ini masih melakukan uji coba air. Jika sistem tersebut sudah siap, maka akan mulai di berlakukan. “Harap maklum karena kondisi saat ini air baku dari Sungai Cianduy debitnya berkurang. Untuk sistem buka tutup aliran air akan akan kami terapkan di wilayah perkotaan,” kata dia.

Ia menegaskan jumlah pelanggan PDAM Tirta Anom saat ini ada 10.500 pelanggan yang tersebar di seluruh wilayah jangkauan area pelanggan. Untuk wilayah perkotaan, jumlah air baku terbatas sehingga sistem buka tutup akan efektif diterapkan untuk keberlangsungan pasokan air bersih kepada pelanggan.

“Kondisi air baku juga untuk wilayah Kota Banjar masih kurang. Jika ada penambahan sambungan rumah (pasang baru) di wilayah kota paling bisa nambah 65 pelanggan. Berbeda dengan wilayah Kecamatan Langensari, itu bisa menambah pelanggan baru hingga 2.000 sambungan.

(cep)

 

Sumber: fin.co.id

  • Dipublish : 14 Desember 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami