Ketua KPU Datangi KPK Untuk Memastikan Wahyu Setiawan Terjaring OTT

Sebanyak empat orang komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyambangi Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (8/1) malam. (Ridwan/JawaPos.com)
Sebanyak empat orang komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyambangi Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (8/1) malam. (Ridwan/JawaPos.com)
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

JAKARTA,- Sebanyak empat orang komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyambangi Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (8/1) malam. Mereka di antaranya, Arief Budiman, Pramono Ubaid, Hasyim Asyari dan Ilham Saputra.

Kedatangan mereka ke Gedung KPK tidak lain untuk memastikan rekan satu komisionernya, Wahyu Setiawan ditangkap penyidik KPK lewat operasi tangkap tangan (OTT).

Tak lama kemudian, Ketua KPU Arief Budiman membenarkan bahwa memang rekannya (Wahyu Setiawan, red) yang tertangkap tangan KPK.

“Kami berempat tadi ditemui dengan juru bicara KPK Ali Fikri, kemudian ada juga mantan juru bicara Febri Diansyah dan pimpinan KPK pak Alexander Marwata. Pertemuan itu, kami ingin mengonfirmasi apakah benar salah satu anggota KPU diperiksa KPK, dan beliau menyatakan benar dengan inisial pak WS sedang dilakukan pemeriksaan,” kata Arief di usai bertemu dengan pimpinan KPK.

Namun, kata Arief, pihaknya belum mengetahui mengapa rekannya terjaring OTT KPK. Menurutnya, dia hanya diberi tahu, bahwa Wahyu turut diperiksa bersama tiga orang lainnya oleh tim penindakan KPK.

“Kami juga mengonfirmasi terkait perkara apa dengan siapa dan sebagainya, beliau (Alexander Marwata) hanya mendaptkan informasi hari ini yang diperiksa empat orang. Tapi terkait dengan pemeriksaan apa, beliu juga tidak tahu,” ucap Arief.

Arief menyampaikan, Wahyu memang sedang melakukan kunjungan kerja ke Bangka Belitung. Namun, dia tidak menjelaskan secara rinci terkait kunjungan kerja tersebut.

“Hari ini memang jadwalnya akan tugas di luar, ke Belitung,” terang Arief.

Lebih jauh, Arief menyebut KPU baru bisa mengetahui secara pasti pada penetapan tersangka yang akan dilakukan KPK pada Kamis (9/1) besok. KPU pun belum mengetahui, apakah akan memberikan pendampingan hukum kepada Wahyu atau tidak.

“Jadi akan diberikan keterangan besok, setelah pemeriksaan 1×24 jam. Besok siang direncanakan akan memberikan keterangan pers, KPU kemungkinan akan diundang ya,” pungkasnya.

Reporter: Ridwan

Caption: Sebanyak empat orang komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyambangi Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (8/1) malam. (jp)

  • Dipublish : 9 Januari 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami