Korupsi Membunuh Negeri, KPK Harus Dikuatkan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

JAKARTA – Korupsi harus diberangus. Sebab dapat membunuh suatu bangsa. Untuk itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus dikuatkan.

Demikian pernyataan dari sejumlah tokoh yang menghadiri acara peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2019 yang digelar di Gedung Penunjang KPK, Kuningan, Jakarta, Senin (9/12).

Menteri Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD berharap, Hakordia dapat menjadi momentum membangun kesadaran masyarakat akan dampak korupsi bagi kehidupan bernegara.

“Ini supaya dijadikan momentum untuk menyadari bahwa korupsi itu membunuh atau memberangus urat nadi kehidupan bernegara,” ujar Mahfud seusai menghadiri peringatan Hakordia di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta, Senin (9/12).

Mahfud pun mengibaratkan negara sebagai sebuah tubuh yang memiliki urat nadi. Negara, kata dia, dapat mati secara perlahan jika urat nadi terputus lantaran maraknya praktik korupsi.

“Oleh sebab itu mari kita bertekad memberantas korupsi dengan sungguh-sungguh, dimulai dari pencegahan dan penindakannya,” ucapnya.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet menilai, KPK selama ini telah bekerja dengan baik. Ia pun berharap lembaga antirasuah dapat menjalankan tugas pemberantasan korupsi lebih baik lagi ke depannya.

Bamsoet juga mengucapkan terima kasih kepada lima pimpinan KPK jilid IV yang telah bekerja secara maksimal memberantas korupsi di Indonesia sesuai yang telah diamanatkan oleh negara.

“Kita harap apa yang sudah dikerjakan Pak Agus dan kawan-kawan dilanjutkan oleh penggantinya nanti sebaik-baiknya,” kata dia.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY mengatakan, masyarakat Indonesia berharap pemberantasan korupsi dapat ditegakkan secara tegas dan berkeadilan. Baginya, KPK merupakan institusi yang kredibel serta dipercaya oleh masyarakat guna melakukan pencegahan dan penindakan korupsi.

“Kita harus melawan korupsi bersama-sama. Karena itu bukan lah hal yang mudah dan harus kita antisipasi bersama-sama,” kata dia.

Mewakili Partai Demokrat, AHY berharap KPK dapat melakukan pemberantasan korupsi di Indonesia. Jangan sampai, kata dia, KPK dilemahkan.

“Kita berharap ke depan Indonesia menjadi negeri yang semakin bersih, semakin berintegritas, sehingga pembangunan ke depan juga semakin baik,” tutur AHY.

(riz/gw/fin)

  • Dipublish : 10 Desember 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami