KPK Minta Kejagung Terbuka Dalam Gelar Perkara Jaksa Pinangki

Foto: Dery Ridwansah/ JawaPos.com
Foto: Dery Ridwansah/ JawaPos.com
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan, pihaknya menghadiri undangan ekspose kasus dugaan suap yang menjerat jaksa Pinangki Sirna Malasari di Kejaksaan Agung (Kejagung) pada hari ini, Selasa (8/9). Kedeputian Bidang Penindakan KPK hadir mewakili lembaga antirasuah.

“Karena gelar perkara merupakan pembahasan teknis penanganan perkara maka yang hadir dari KPK adalah tim dari kedeputian bidang penindakan,” kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK, Ali Fikri dikonfirmasi, Selasa (8/9).

Juru bicara KPK berlatar belakang Jaksa ini mengharapkan, dalam gelar perkara tersebut tim penyidik Kejagung dapat menjelaskan secara rinci konstruksi kasus Jaksa Pinangki. Sehingga, pihak kedeputian penindakan KPK bisa melihat langsung perkembangan penyidikan kasus ini.

“Ekspose atau gelar perkara merupakan forum dimana nanti semua peserta bisa melihat konstruksi perkara tersebut secara utuh. KPK berharap tim penyidik Kejaksaan Agung akan terbuka menyampaikan fakta-fakta hasil perkembangan penyidikan perkara tersebut,” tegas Ali.

Sebelumnya, Direktur Penyidikan Jampidsus Kejaksaan Agung, Febrie Ardiansyah mendatangi gedung KPK pada Senin (7/9) kemarin. Dia mengaku menyampaikan undangan ekspose kasus Jaksa Pinangki Sirna Malasari kepada pihak KPK.

“Kita undang dari pihak Polhukam, kemudian kedua Bareskrim karena menyangkut ada sangkaan Tipikor Djoko Tjandra, yang ketiga pihak KPK,” ujar Febrie di depan Gedung Merah Putih KPK, Senin (7/9).

Febrie menuturkan, berkas penanganan perkara jaksa Pinangki Sirna Malasari telah dilimpahkan ke jaksa penuntut umum (JPU) untuk tahap pertama. Sehingga perlu dilakukan ekspos terbuka dengan sejumlah aparat penegak hukum ssbagai bagaian dari transparansi penanganan perkara.

“Ini kita ekspose secara terbuka ada beberapa pihak kita undang,” ungkap Febrie.

Kendati demikian, Febrie enggan menjelaskan rinci apakah perkara jaksa Pinangki akan dilimpahkan ke KPK atau tidak. Menurutnya, giat besok hanya memberi tahu secara terbuka terkait penanganan perkara dugaan penerimaan suap terhadap jaksa Pinangki. “Tidak, kita ekspose. Kita menjelaskan,” pungkasnya. (jp)

  • Dipublish : 8 September 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami