Liverpool Masih Kalah Dari Arsenal

Pemain Liverpool menjalani latihan jelang laga melawan Napoli di Kota Naples, Senin (16/9). (FOTO: Liverpoolfc.com)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

LIVERPOOL – Liverpool terus tampil perkasa dengan tanpa kekalahan di Premier League atau Liga Inggris musim ini. Bahkan, The Reds mencatatkan sejarah baru dengan tanpa kekalahan selama satu tahun kalender Liga Inggris.

Kemenangan 2-0 atas Sheffield United di Anfiled Stadium, Liverpool, Inggris, Jumat (3/1) kemarin, lewat gol Mohamed Salah (4′) dan Sadio Mane (64′) menggenapi catatan tak terkalahkan pasukan Jurgen Klopp selama satu tahun kalender.

Kali Terakhir The Reds tumbang di Liga Inggris adalah saat dibekuk Manchester City pada 3 Januari 2019. Kala itu, Liverpool kalah oleh The Citizen dengan skor tipis 1-2. di Etihad Stadium.

Menurut laporan BBC Sport, sejak saat itu Liverpool belum pernah terkalahkan di ajang Premier League hingga 4 Januari 2020 ini. Dengan kata lain, mereka telah berhasil tanpa kekalahan selama 1 tahun belakangan ini di ajang Premier League.

Dalam satu tahun terakhir di Liga Inggris Liverpool memainkan 37 pertandingan, di mana 32 di antaranya berakhir dengan kemenangan dan lima kali imbang serta meraih 101 poin. Sadio Mane dan kawan-kawan juga telah mencetak 89 gol.

Namun, Jumlah 37 laga tak kalah di Liga Inggris yang baru saja dicatatkan Liverpool masih tertinggal jauh dari Arsenal. The Gunners memegang rekor rangkaian laga tak kalah di Liga Inggris sebanyak 49 kali, yang dicatatkan pada 2003/2004.

Selain itu, pada laga melawan Sheffield United, beberapa pemain menunjukkan performa yang menonjol. Satu di antaranya sang kapten, Jordan Henderson.

Ya, meskipun dalam laga tersebut Salah dan Mane yang mencetak gol, namun pujian hadir untuk Henderson. Pemain berusia 29 tahun itu dianggap sebagai satu di antara pemain terbaik dalam laga melawan Shefffield United lantaran tampil gemilang selama 90 menit.

Menurut laporan Goal Internasional, pemain berdarah Inggris itu mencatatkan 131 operan selama pertandingan dengan tingkat keberhasilan 92 persen.

Jelas, performa gemilang Henderson itu mendapat pujian dari pembawa acara olahraga Gary Lineker. Melalui akun twitternya, Lineker memberikan pernyataan bahwa Henderseon tak pantas untuk diremehkan.

“Berpikir Jordan Henderson mungkin saja pemain yang paling diremehkan dalam sejarah Liga Premier. Kurasa saya mungkin baru saja mengubahnya,” tulisnya.

Selain itu, Henderson juga mendapat pujian dari sang arsitek, Jurgen Klopp. Menurutya, Haenderson menampilkan performa luar biasa dalam pertandingan tersebut.

“Ya, dia luar biasa. Gini [Georginio Wijnaldum] dan Hendo [Henderson], karena mereka punya angka yang terbesar dari pertandingan, apa yang mereka mainkan luar biasa, sangat luar biasa,” ujar Klopp seperti dikutip dari Goal International.

“Jika ada siapapun di antara kami yang tidak melihat kualitas dari Henderson, saya tak bisa membantu. Apakah Hendo pemain yang sempurna? Tidak. Ada saya mengenal pemain seperti itu? Tidak. Apakah dia penting buat kami? Ya,” lanjutnya.

Klopp menjelaskan salah satu yang membuat dirinya kagum dengn Henderson adalah, kemampuannya yang mengisi beberapa posisi, meski ia sendiri tak menyukainya.

“Dia tidak menyukai posisi itu, nomor enam, saat dia melihat betapa bagusnya Fabinho. Saya bertanya ke dia, dua atau tiga pekan yang lalu, saat dia telah bermain luar biasa pada satu posisi, ‘Anda tak suka posisinya, benar?’,” tambahnya.

“Dia tertawa. Sebelumnya dia bermain sebagai bek. Saya tak tahu secara pasti apa yang Gareth Southgate [pelatih Timnas Inggris] lakukan pada dia, posisi yang mana ia akan bermain di sana, namun jelas ada beberapa opsi,” janjinya.

“Anda lihat dalam hidup, karakter seperti itu dan mentalitas selalu membantu terutama dalam kasus ini. Bagi saya rasanya sulit untuk berbicara soal satu orang secara positif sebab saya selalu merasa harus menyebut semuanya juga. Saya tidak menerima semuanya begitu saja dalam satu detik,” tutupnya.

Disisi lain, kemenangan Liverpool atas Sheffield itu membuat mereka semakin kokoh di puncak klasemen sementara dengan koleksi 58 poin. Unggul 13 angka dari Leicester City yang sedang menduduki posisi kedua dan masih memiliki satu pertandingan tunda. Sedangkan, Sheffield berada di urutan kedelepan dengan koleksi 29 poin.

Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andrew Robertson (88′ Adam Lallana); James Milner, Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah (90′ Harvey Elliott), Roberto Firmino, Sadio Mane (78′ Divock Origi)

Sheffield United (3-5-2): Dean Henderson; Chris Basham, John Egan, Jack O’Connell; George Baldock, John Lundstram, Oliver Norwood (78′ Muhamed Besic), John Fleck, Enda Steven;, David McGoldrick (66′ Billy Sharp), Lys Mousset (66′ Oliver McBurnie)

(fin/tgr)

  • Dipublish : 4 Januari 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami