Luhut Akui Mencapai Zero Case Varian Omicron Adalah Pekerjaan Sulit

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sangat mewaspadai Covid-19 varian Omicron. Melalui Juru Bicara Menko Marves Jodi Mahardi, ia mengungkapkan bahwa dari awal ia sudah memperkirakan bahwa varian terbaru ini akan masuk ke Indonesia.

“Pak Menko menyampaikan bahwa sejak awal beliau cukup hati-hati sekali dengan hal ini, mengingat Indonesia adalah negara yang begitu besar dan kemungkinan potensi masuknya Omicron juga sangat besar,” kata Jodi kepada media dikutip Jumat (17/11).

Jodi menyampaikan, Luhut juga menyebut bahwa adalah pekerjaan sulit untuk mencapai zero case varian Omicron. Karenanya, dua hal yang bisa diharapkan untuk menekan lonjakan kasus di rumah sakit dan kematian akibat varian Omicron di Indonesia adalah melalui program vaksinasi dan tetap menjaga protokol kesehatan.

“Pak Menko berharap agar masyarakat tidak panik dengan penemuan kasus pertama (Omicron) ini. Pak Menko mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan dengan baik,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, pemerintah saat ini juga sedang melakukan langkah-langkah mitigasi dengan melakukan lockdown atau penguncian di beberapa tower wisma atlet agar varian ini tidak menyebar luas.

“Pemerintah juga terus melakukan genome sequencing secara ketat yang tersebar di seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Terkait PPKM, lanjutnya, tentunya hal ini akan terus dibahas sambil menunggu kondisi dilapangan. Intinya PPKM yang digunakan akan tetap mengikuti standar acuan WHO.

“PPKM yang terus dievaluasi tiap minggunya merupakan alat asesmen yang cukup baik untuk langsung dapat memutuskan bila terjadi hal hal yang sangat dikhawatirkan,” pungkasnya. (jpc/jm)

  • Dipublish : 17 Desember 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami