Manfaat Minum Rebusan Beras Kencur Saat Musim Penghujan

ILUSTRASI. Kencur kaya akan seng dan mineral lainnya, membuatnya menjadi bahan umum untuk berbagai masakan serta minuman. (Steemi)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Pernahkah minum jamu yang dijual? Jamu paling umum yang ditawarkan pasti adalah beras kencur atau kunyit asam. Rasanya yang bersahabat menjadi jamu favorit masyarakat khas Jawa.

Saat musim hujan dan banjir seperti ini, minuman rebusan beras kencur sangat cocok diminum. Selain mudah bahan-bahannya didapat di dapur, beras kencur juga menyehatkan.

“Kalau hujan dan banjir ini yang penting untuk daya tahan tubuh dan sifatnya menghangatkan ya,” kata Guru Besar Farmasi Universitas Indonesia (UI) Prof. Dr. Abdul Mun’im, M.Si., Apt. kepada JawaPos.com, Kamis (2/1).

Kencur, mirip sebagai jahe aromatik. Kencur kaya akan seng dan mineral lainnya, membuatnya menjadi bahan umum untuk berbagai masakan tradisional dan resep obat di seluruh Asia. Dikombinasikan dengan beras dan rempah-rempah lainnya, minuman herbal ini menyehatkan apalagi diminum saat musim hujan dan banjir.

Cara membuatnya mudah. Siapkan beras, cuci, dan rendam 2 jam. Beberapa ruas kencur lalu kupas. 1 gula jawa. Gula pasir secukupnya. Dua lembar daun pandan, 1 ruas jahe, kupas, dan digeprek serta kunyit.

Sangrai beras dan kencur hingga bau beras kencurnya terasa dan berwarna sedikit kecoklatan. Angkat, pisahkan beras dan kencurnya. Rebus air bersama beras. Masukkan jahe, kunyit dan kencur yang sudah disangrai. Biarkan air mendidih, dan minum rutin.

Jika minun rebusan ini secara rutin tentu akan memberi banyak manfaat di antaranya,

1. Jaga Daya Tahan Tubuh

Beras kencur bisa menjaga daya tahan tubuh. Saat musim hujan atau banjir, umumnya imun tubuh mudah drop. Dengan menangkal menggunakan bahan herbal akan membuat tubuh tidak rentan sakit dari mulai flu, ISPA, sampai diare.

2. Kurangi Kolesterol

Kencur dan bahan-bahan herbal lainnya bisa mengurangi kadar lemak darah. Kencur mempromosikan produksi empedu dalam tubuh. Empedu bertanggung jawab untuk penyerapan nutrisi dan menghilangkan toksin, termasuk kolesterol jahat.

3. Anti-oksidan

Berbagai rasa tak enak badan atau nyeri demam usai menghadapi hujan dan banjir bisa diatasi dengan kencur. Kencur juga kaya antioksidan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Dipublish : 3 Januari 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami