Masih Berpotensi Mendapat Air Kiriman, Anies Minta Warga Siaga

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta jajaran mengecek Pintu Air Manggarai, Jakarta, Rabu (1/1) (Istimewa)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta jajaran mengecek Pintu Air Manggarai, Jakarta, Rabu (1/1) (Istimewa)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JAKARTA,- Ancaman banjir masih menghantui warga di wilayah DKI Jakarta. Meskipun pada hari ini, Rabu (1/1) ibu kota tak lagi hujan, namun tidak begitu saja ancaman banjir tidak ada. Sebab, masih ada potensi air kiriman dari wilayah Bogor, Jawa Barat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, laporan yang dia terima pada pukul 12.00 WIB menyebutkan debit air di bendungan Katulampa cukup mengkhawatirkan. Air tersebut yang dikhawatirkan akan menjadi ancaman banjir di Jakarta.

“Kita memprediksi kira-kira pukul enam sore dan beberapa jam kemudian seluruh warga yang tinggal di daerah aliran sungai Ciliwung khususnya, harus bersiaga,” kata Anies di Monas, Jakarta Pusat.

Anies menyebut, ancaman air kiriman tersebut sudah cukup terlihat di pintu air Depok. Di situ, debit air terlihat mengalami peningkatan. Dan diprediksi akan terus mengalir ke wilayah Jakarta.

Namun, kabar baiknya, pada sore hari kondisi debit air di Katulampa sudah banyak berkurang. Sehingga potensi air kiriman hanya terjadi akibat kondisi air pada siang tadi.

“Jadi kita antisipasi itu. Saya himbau masyarakat yang berada di wilayah daerah aliran sungai untuk bersiaga dan seluruh jajaran sudah siap membantu,” imbuh Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menuturkan, dia telah menerjunkan petugas di wilayah yang memiliki resiko banjir. Dia berharap petugasnya bisa membantu masyarakat apabila banjir datang.

“Kemudian untuk rencana ke depan nanti kita duduk bersama mengevaluasi. Seperti yang disampaikan Kepala BNPB kita menghadapi situasi ekstrem hujan. Di sini kita evaluasi karena diprediksi bulan Februari dan Maret adalah waktu dengan periode yang curah hujan sangat tinggi,” pungkas Anies. (jp)

 

  • Dipublish : 2 Januari 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami