Media Asing Sebut Shin Tae Yong Pelatih Kaya Strategi

Shin Tae Yong. Foto: Ricardo/JPNN
Shin Tae Yong. Foto: Ricardo/JPNN
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id, SINGAPURA – Kiprah menjanjikan timnas Indonesia di Piala AFF 2020 tidak terlepas dari tangan dingin Shin Tae Yong. Pelatih asal Korea Selatan itu merupakan sosok yang kaya strategi. Hal itu membuat pola permainan Indonesia tidak mudah terbaca oleh lawan.

Skuad Garuda bisa menjelma sebagai tim ofensif, seperti saat menang atas Kamboja 4-2, Laos (5-1), dan Malaysia (4-1) di fase grup.

Di sisi lain, Indonesia mendadak bisa bermain defensif, seperti yang terlihat kala bermain imbang 0-0 kontra Vietnam. Taktik ‘bunglon’ ala Shin Tae Yong turut disorot media asing, News1.

Media yang berbasis di Korea Selatan itu menyebut Shin Tae Yong berpeluang menjadi Park Hang Seo jilid ke-2.

Hang Seo merupakan sosok di balik tangguhnya Vietnam saat ini. Pria 64 tahun itu mengantar Nguyen Cong Phuong dan kolega merebut Piala AFF 2018. Hal itu coba diulang oleh Shin Tae Yong bersama timnas Indonesia pada Piala AFF 2020.

“Shin Tae Yong berpeluang membuat sejarah baru dalam sepak bola Indonesia, seperti yang dilakukan Park Hang Seo bersama Vietnam,” tulis News1.

Penampilan gemilang Indonesia di Piala AFF 2020 seolah memperbaiki rapor buruk mereka ketika tampil di edisi sebelumnya pada 2018 lalu. Kala itu di Piala AFF 2018, Indonesia tidak mampu lolos dari fase grup. Evan Dimas dan kolega hanya menempati ranking empat Grup B di bawah Thailand, Filipina, dan Singapura.

Timnas Indonesia kini memiliki wajah yang berbeda di bawah komando Shin Tae Yong. “Indonesia menunjukkan kemajuan luar biasa di bawah arahan Shin Tae Yong. Dengan bakat strategisnya, coach Shin telah menata ulang tim dengan pemain muda yang menjanjikan,” tambah News1.

“Dia adalah orang yang menciptakan motivasi kuat untuk membantu pemain mengeluarkan yang terbaik,” imbuh News1. Kini, Shin Tae Yong sedang mempersiapkan anak asuhnya jelang melawan Singapura di Semifinal Piala AFF 2020. Duel di babak empat besar antara timnas Indonesia vs Singapura akan berlangsung dalam dua leg.

Partai pertama tersaji hari ini, Rabu (22/12) pukul 19:00 WIB, dan laga berikutnya berlangsung pada Sabtu (25/12) di jam yang sama.(jpnn/jm)

  • Dipublish : 22 Desember 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami