Mendapatkan Suara 331, Zulkifli Hasan Kembali Menjadi Ketua Umum Partai Amanat Nasional

Zulkifli Hasan kembali terpilih menjadi Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN). Hal ini mematahkan mitos bahwa Ketua Umum PAN tidak akan bisa menjabat dua periode. (Hendra Eka/Jawa Pos)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JAKARTA,- Zulkifli Hasan kembali terpilih menjadi Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN). Hal ini mematahkan mitos bahwa Ketua Umum PAN tidak akan bisa menjabat dua periode.

Pemilihan Zulkifli Hasan melalui mekanisme voting yang digelar di Kendari Sulawesi Utara. Pria yang akrab Zulhas ini, menang dari dua rivalnya Mulfachri Harahab dan Drajad Wibowo.

Dalam mekanisme voting tersebut, Zulkifli Hasan mendapatkan suara 331. Sementara Mulfachri Harahab mendapatkan 225 suara. Kemudian kontestan Drajad Wibowo mendapatkan enam suara. Suara tidak sah berjumlah tiga suara. Total suara dalam hajatan akbar ini berjumlah 565 suara.

“Dengan hasil yang diumumkan, maka Zulkifli Hasan ditetapkan menjadi Ketua Umum PAN periode 2020-2025,” ujar Anggota Steering Committee Totok Daryanto, Selasa (11/2).

Awalnya calon wakil ketua umum PAN berjumlah empat orang. Namun seiring berjalannya Kongres V PAN, Asman Abnur menyatakan mundur dari kontestasi tersebut.

‎”Jadi saya memutusakan unuk tidak melanjutkan pencalonan ini,”‎ ujar Asman.

Kongres V PAN ini sempat diwarnai kericuhan antara ‎pendukung Zulkifli Hasan dan Mulfachri Harahab. Peserta kongres tersebut melempar kursi hingga botol minuman.

Adapun jumlah suara yang memilih 563 dari jumlah total permilih 590 dari 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW), 514 Dewan Pimpinan Daerah (DPD), Ketua Umum, Sekretaris Jenderal (Sekjen), Bendahara Umum PAN, serta dari sejumlah organisasi sayap partai berlambang matahari terbit itu. (jp/jm)

  • Dipublish : 12 Februari 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami