Menlu China Wang Yi Puji Indonesia Sebagai Ketua G20

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jaringanmedia.co.id – Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi menyebut negaranya sangat mendukung Indonesia yang bertindak sebagai Ketua G20.

Wang Yi mengatakan Indonesia dapat berkontribusi lebih banyak dalam mengatasi tantangan global pada era pascapandemi.

“China sangat mendukung Indonesia yang menjadi Ketua G20 dan mendorong KTT Bali nanti menghasilkan kesepakatan-kesepakatan tentang kesehatan global, transisi energi, tranformasi digital, dan berkontribusi positif dalam menghadapi tantangan di era pascapandemi,” ujar Wang Yi saat melakukan pertemuan virtual dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, sebagaimana dirilis oleh Kementerian Luar Negeri China (MFA) Beijing, pada Sabtu (7/5/2022).

Anggota Dewan Negara atau setingkat Menko itu menyatakan Presiden China Xi Jinping sudah mengajukan Prakarsa Keamanan Global (GSI) agar setiap negara bisa mencapai keamanan berama dan Prakarsa Pembangunan Global (GDI) yang didasari prinsip kerja sama yang saling menguntungkan.

“China siap bekerja sama dengan Indonesia mendukung implementasi GSI melalui perjanjian bilateral dan multilateral. Ini meneruskan Lima Prinsip Koeksistensi Damai dan Semangat Bandung, dan menemukan jalan yang menjamin keamanan untuk semua, oleh semua dan dari semua,” papar Wang Yi.

Menurutnya, China juga siap memperdalam kerja sama dengan Indonesia di bidang politik, ekonomi, budaya, dan kemaritiman.

Selain itu, Wang Yi juga mengkritik strategi Indo-Pasifik milik Amerika Serikat, QUAD, AUKUS, dan Five Eyes yang dianggapnya justru memunculkan mental Perang Dingin.

“Tidak masalah, apa pun strategi regional yang diusulkan. Namun yang penting tujuannya harus saling menguntungkan dan saling memberikan manfaat daripada memenangkan satu pihak,” imbuh Wang Yi.

Sementara itu, Luhut Panjaitan berterima kasih kepada China atas dukungannya kepada Indonesia dalam memerangi pandemi.

Indonesia, lanjut Luhut, siap melanjutkan kerja sama dengan China di bidang vaksin dan kesehatan masyarakat, meningkatkan kerja sama Sabuk Jalan (BRI), mendorong kerja sama dalam proyek-proyek strategis.

Seperti Kereta Cepat Jakarta-Bandung, kawasan industri, pembangunan infrastruktur, dan proyek kerja sama kemaritiman.

Luhut berharap kedua belah pihak akan meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan, budaya, media, dan bidang lainnya untuk meningkatkan saling pengertian dan persahabatan antara kedua bangsa.

“Indonesia menyambut baik GDI dan GSI yang dikemukakan oleh Presiden Xi Jinping. Indonesia siap berpartisipasi aktif dalam dua prakarsa tersebut. Indonesia mengapresiasi dukungan China terhadap Indonesia yang menjadi tuan rumah KTT G20. Kerja sama dengan pihak lain untuk memastikan KTT tahun ini memainkan peran konstruktif dalam pemulihan ekonomi global,” terang Luhut. (fin/jm)

  • Dipublish : 9 Mei 2022
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami