Menpora ke Menko Polhukam: Penyelenggaraan PON XX Sukses!

Menpora Zainudin Amali (Istimewa)
Menpora Zainudin Amali (Istimewa)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jaringanmedia.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali melaporkan bahwa penyelengraan PON XX Papua 2021 berjalan dengan lancar, aman dan sukses. Hal itu disampaikan disampaikan pada saat rapat Evaluasi Pelaksanaan Pengamanan PON XX dan Rencana Pelaksanaan Pengamanan Peparnas XVI Papua 2021.

Amali mengatakan bahwa PON kali ini berjalan sesuai rencana dengan empat kesuksesan sekaligus yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi dan sukses administrasi.

“Penyelenggaraan kita tahu semua secara umum sukses walaupun dalam perjalanan ada beberapa hal yang muncul. Tapi itu tidak signifikan mengganggu penyelenggaraan PON,” ungkap dia dalam keterangannya, Rabu (27/10).

Menurutnya, secara penyelenggaraan mulai dari pembukaan, pertandingan dan hingga penutupan semua berjalan dengan baik dan aman. Meskipun, sebelum PON dimulai sebagian orang khawatir, takut, dan tidak percaya PON di Papua terselenggara.

“Ini terhapus karena kerja tim yang luar biasa baik tingkat pusat maupun tingkat provinsi, dan tingkat kabupaten kota. Saya kira ini kolaborasi, sesuatu yang dikerjakan dengan kompak dan kordinasi dengan baik, hal yang tidak mungkin menjadi mungkin dan berhasil,” ujarnya.

Bahkan, PON XX yang dilakukan di tengah pandemi Covid-19 ini masih ada pemecahan 90 rekor baik rekor PON maupun rekor nasional. Hal tersebut menujukan keseriusan para atlet, pelatih dan kotingen daerah dalam melakukan persiapan.

“Ini sebagai bukti bahwa sukses prestasi ini tercapai. Apalagi bagi tuan rumah Papua, mungkin ini yang pertama Papua menduduki rangking empat. Biasanya provinsi yang ada di Jawa yang selalu mendominasi satu sampai empat. Pada PON ini, Papua membuktikan dia bisa. Sukses prestasi secara nasional dan sukses prestasi khusus Papua,” jelasnya.

Selain itu, untuk suskes ketiga yakni sukses ekonomi. Di mana dengan adanya PON XX, masyarakat di empat klaster PON yakni Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Mimika dan Merauke merasakan dampak ekonomi terutama bagi para pedagang. Disamping itu, banyak warga yang menyewakan rumah mereka untuk para pendatang karena hotel sudah penuh.

Bahkan, Amali yang beberapa kali menyampatkan mampir makan di warung makan mendengarkan sendiri pengakuan para pedagang. “Para pedagang, pendapatan mereka meningkat tiga kali lipat,” tandas dia.

Sukses keempat adalah sukses administrasi, yakni terkait laporan keuangan penggunaan angaran PON baik dari APBN maupun APBD  Papua.“Ini yang masih kita tunggu prosesnya,” pungkasnya. (jpc/jm)

  • Dipublish : 27 Oktober 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami