Menu Sehat Kaya Gizi Tanpa Digoreng untuk Pengidap Kanker

DALAM SATU PIRING: Poached snapper yang dilengkapi mashed potatoes menjadi sajian lengkap karena mengandung karbohidrat plus protein. Dalam satu sajian, terkandung energi sekitar 316 kcal. (Alfian Rizal/Jawa Pos)
DALAM SATU PIRING: Poached snapper yang dilengkapi mashed potatoes menjadi sajian lengkap karena mengandung karbohidrat plus protein. Dalam satu sajian, terkandung energi sekitar 316 kcal. (Alfian Rizal/Jawa Pos)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id –  Menu untuk penderita kanker lekat dengan makanan minim rasa. Pilihannya pun itu-itu saja. Padahal, menurut ahli gizi RS Adi Husada Undaan, Surabaya, Elda Puspa Rustantri, pengaturan pola makan untuk pasien kanker cukup simpel. ’’Yang penting, makanan diolah dengan higienis dan matang. Komposisi gizinya seimbang,’’ tegasnya.

Elda menjelaskan, tidak ada pantangan makanan untuk pasien kanker. ’’Mereka justru harus didorong makan. Soalnya, pasien sering kehilangan nafsu makan selama pengobatan,’’ paparnya. Penggunaan gula dan garam diperbolehkan selama dalam porsi normal. Pedas pun tidak masalah. Dengan catatan, pasien tidak memiliki keluhan pencernaan.

Proses pemasakan pun perlu diperhatikan. Sebab, pengolahan yang tidak tepat bisa membuat makanan justru tak bermanfaat. Zat gizi yang dibutuhkan malah hilang. Dalam kolaborasi dengan sous-chef Luminor Hotel Surabaya Sukismanto, menu sari laut diolah dengan cara poaching dan direbus. Teknik itu tidak menggunakan minyak berlebih.

Sukismanto menjelaskan, untuk meminimalkan amis, ikan dan udang lebih dulu direbus. Air rebusan ditambah mirepoix alias campuran bawang daun, wortel, dan bawang bombai. ’’Selain bebas amis, rasanya lebih gurih,” lanjutnya. Air rebusan pun bisa digunakan untuk kaldu.

Menurut Elda, makanan untuk penderita kanker memang disajikan dalam porsi lebih kecil agar lekas habis. Namun, kandungan gizinya komplet. ’’Pasien memang disarankan makan dengan porsi kecil dalam beberapa jam. Dengan demikian, kebutuhan energi dan protein untuk pemulihan ter-cover,’’ paparnya. Dia menjelaskan, keluarga dan orang terdekat perlu memberikan dukungan agar pasien termotivasi menjalankan pola makan sehat. (jpc/jm)

RESEP POACHED SNAPPER

BAHAN

Filet ikan kakap: 120 g

Garam: secukupnya

Lada: secukupnya

Sari jeruk nipis: secukupnya

SAUS

Minyak zaitun: 1 sdm

Bawang bombai: 5 g

Bawang merah: 5 g

Paprika hijau: 3 g

Paprika merah: 3 g

Jeruk nipis: sesuai selera

Kari bubuk: 1/2 sdt

Tomat: 15 g

PELENGKAP

Wortel: 10 g

Edamame: 2 buah

Kembang kol: 10 g

Jamur shimeji: 5 g

Bawang bombai: 5 g

Minyak zaitun: 5 ml

MASHED POTATOES

Kentang: 20 g

Oregano: 1 g

Garam: secukupnya

Lada: secukupnya

Bawang bombai: 5 g

Parsley: 1 g

Minyak zaitun: secukupnya

CARA MEMBUAT

– Bumbui filet ikan dengan garam, lada, dan sari jeruk nipis. Sementara itu, didihkan air.

– Setelah air mendidih, masukkan ikan yang telah dibumbui. Masak selama 10 menit. Tiriskan, lalu sisihkan.

– Didihkan air, lalu masukkan kentang. Tambahkan sedikit garam, lalu rebus hingga matang.

– Setelah itu, kupas kentang dan tumbuk hingga halus. Bumbui dengan oregano, garam, dan lada. Aduk rata, lalu masukkan minyak zaitun.

– Di wadah terpisah, rebus wortel, edamame, kembang kol, dan jamur shimeji yang telah dicuci bersih. Setelah 10 detik, angkat.

– Tumis sayur yang telah direbus dengan bawang bombai dan sedikit minyak zaitun. Tumis sampai sayur terlihat berkilat dan sedikit layu, matikan api.

– Untuk saus, tumis bawang bombai dan bawang merah. Masukkan paprika merah dan hijau yang telah direbus sebentar dan tomat.

– Bumbui dengan kari bubuk. Tambahkan sari jeruk nipis sesuai selera. Jika perlu, tambahkan sedikit garam dan lada. Matikan api.

PENYAJIAN: tata ikan, sayur, dan mashed potato. Tuangkan saus, lalu hias dengan parsley cincang.

NILAI GIZI

Energi: 316 kcal

Protein: 24,7 g

Lemak: 14 g

Karbohidrat: 23,7 g

Serat: 5,5 g

Zat besi: 3,4 g

Natrium: 90 mg

Kalium: 920 mg

WATERMELON SHRIMP SALAD

BAHAN

Semangka: 50 g

Udang galah: 2 buah

Minyak zaitun: secukupnya

Garam: secukupnya

Lada: secukupnya

SALAD

Iceberg lettuce: 5 g

Oak leaf lettuce: 5 g

Arugula: 3 g

Lollo rosso lettuce: 3 g

Tomat ceri: 2 buah

SAUS

Madu: 1 sdt

Lemon: 10 ml

CARA MEMBUAT

– Potong kepala udang, lalu belah punggung dan bersihkan kotorannya.

– Didihkan air. Lalu, rebus udang hingga berubah warna dan tiriskan. Sisakan sedikit air rebusan untuk saus.

– Tumis udang dengan minyak zaitun. Kemudian bumbui dengan garam dan lada secukupnya.

– Sementara itu, kupas semangka. Lalu, potong berbentuk dadu. Sisihkan.

– Di wadah terpisah, cuci bersih semua bahan salad. Potong sesuai selera.

– Untuk saus, campur lemon, madu, dan sedikit air rebusan udang. Aduk rata.

PENYAJIAN: tata semangka, udang, dan salad. Kemudian, beri saus sesuai selera.

NILAI GIZI

Energi: 78,5 kcal

Protein: 6,7 g

Lemak: 0,7 g

Karbohidrat: 13 g

Serat: 10 g

Zat besi: 1,4 g

Natrium: 63 mg

Kalium: 307 mg

  • Dipublish : 7 Februari 2022
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami