Mobil Chery Ingin Masuk Indonesia Lagi Ramaikan Pasar otomotif

Mobil Chery Asal Tiongkok  (dok.Philkotse)
Mobil Chery Asal Tiongkok (dok.Philkotse)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jaringanmedia.co.id – Salah satu produsen mobil asal Tiongkok merek Chery yang sempat bermain di pasar otomotif Indonesia dikabarkan akan kembali lagi.

Kabar ini hangat menjadi perbincangan setelah akun instagram cherymotorsindonesia menyoal kehadiran teknologi baru ditambah sebuah foto SUV Chery Tiggo.

Hal ini membuat banyak penafsiran bahwa pabrikan Chery Automobile Co. Ltd kembali merangsek lagi ke Indonesia menemani Dongfeng Sokon (DFSK) dan Wuling Motors.

Dalam postingan tersebut (7/5) tertulis ““Chery berkomitmen untuk menghadirkan teknologi yang canggih dan pengalaman berkendara bagi pengguna Indonesia, bersama dalam menjelajahi kegembiraan dalam kehidupan dan membuka harapan indah di masa depan”.

Terkait hal ini Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengaku belum mengetahui secara persis kabar tersebut. Walaupun dirinya tak mengelak informasi yang menyebut ada beberapa pabrikan asal Negeri Tirai Bambu yang berminat “bertarung” di pasar Indonesia, selain Dongfeng Sokon (DFSK) dan Wuling Motors.

“Belum tahu soal kabar itu (kembalinya Chery). Setahu saya yang sudah pasti itu (pabrikan truk) Hongyan yang sudah mendaftarkan diri sebagai anggota (Gaikindo). Walaupun sampai April belum ada laporan penjualan,” ujar Jongkie dilansir dari laman Motoris.

Disisi lain Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kementerian Perindustrian, Sony Sulaksono mengatakan perlu dicek lagi apakah ada nama Chery Automobile yang akan masuk ke Indonesia untuk berinvestasi dan menggarap pasar mobil.

Meskipun Chery berhasil menggarap pasar beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Thailand dan Filipina, namun tidak dengan Indonesia. Meskipun sempat meniagakan produknya di Tanah Air beberapa tahun silam (2014) namun layanan purna jual dan ketersediaan suku cadangnya banyak mengecewakan konsumen.

Bahkan faktanya pada 2006, Indomobil Group memasarkan mobil-mobil buatan Chery di Indonesia, antara lain Chery QQ dan Chery Tiggo. Namun, mobil-mobil itu sulit menembus pasar. Hingga akhirnya pada 2011 Indomobil berhenti berjualan.

Namun pada tahun 2012, Chery Automobile kembali hadir ke Tanah Air dengan menggandeng mitra PT Chery Mobil Indonesia sebagai pemegang merek. Akan tetapi tak bertahan lama, karena pada 2014 merek ini hengkang dari Indonesia.

Masyarakat Indonesia banyak yang kecewa dengan kualitas produk Chery asal Tiongkok, namun kekecewaan itu terobati dengan hadirnya Wuling dan DFSK yang serius menggarap pasar Indonesia. (jpg/jm)

  • Dipublish : 18 Mei 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami