Modus Baru Selundupkan Narkoba, Pelaku Lemparkan Jeruk ke Dalam Rutan

BARANG BUKTI: Buah jeruk yang dilempar ke dalam rutan. (FOTO: ANTONIUS CHRISTIAN/RADAR SOLO)
BARANG BUKTI: Buah jeruk yang dilempar ke dalam rutan. (FOTO: ANTONIUS CHRISTIAN/RADAR SOLO)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id – Lagi, percobaan penyelundupan narkoba terjadi di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IA Surakarta, Kamis (27/1). Petugas menemukan bungkusan berisi buah jeruk yang didalamnya berisi paket sabu.

Kepala Rutan Surakarta Urip Dharma Yoga menjelaskan, jeruk berisi sabu ditemukan anggotanya yang melakukan patrol menyisir koridor di dalam rutan. “Benda ini dibungkus rapi menggunakan plastik dan lakban warna hitam,” ujarnya seperti dikutip Radar Solo.

Penemuan benda mencurigakan tersebut segera dilaporkan kepada kepala pengamanan rutan (KPR) selanjutnya diteruskan ke Urip dan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Surakarta.

Setelah personel BNNK tiba di rutan, bungkusan mencurigakan dibuka. Ternyata isinya jeruk yang bagian dalamnya diselipkan paket sabu seberat 0,82 gram.

Hasilnya ditemukan dua unit handphone. Satu dalam kondisi nonaktif, sedangkan lainnya aktif. “Disembunyikan di dalam rendaman cucian dan loker pakaian,” terang karutan.

Rampung penggeledahan, dilanjutkan tes urine terhadap 15 orang dari total 42 tahanan penghuni blok D. Hasilnya, tidak ada yang terindikasi menggunakan narkoba.

Pihak rutan juga memeriksa rekaman kamera pemantau yang mengarah keluar rutan. Terlihat seorang pengendara sepeda motor melintas di jalan kampung tepat di sisi barat tembok rutan kemudian melempar sesuatu ke dalam Rutan. Pelaku lalu kabur ke arah Jalan Slamet Riyadi menuju perkampungan di belakang Rutan.

Untuk bukti sabu-sabu, handphone, serta rekaman kamera pemantau sudah diserahkan ke BNNK Surakarta guna pengembangan kasus. “Tahun lalu juga ada kasus penyelundupan seperti ini. Yang pertama handphone saja, yang kedua handphone plus obat keras kategori D,” terangnya.

Diduga kuat, dua unit handphone yang ditemukan saat razia juga diselendupkan ke rutan dengan cara dilempar karena ada retakan di bodinya akibat benturan benda keras.

Kepala BNNK Surakarta Kombes Pol Ari Kurniawansyah menuturkan, barang bukti yang ditemukan dikirim ke lab forensik untuk diteliti. (jpc/jm)

  • Dipublish : 28 Januari 2022
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami