Mulai 2022, Penjualan Gas Elpiji 3 Kg Bakal Diperketat

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id, JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan, bahwa pemerintah bakal mengubah skema subsidi energi, khususnya elpiji (LPG) 3 kilogram (kg) secara bertahap mulai 2022 nanti.

“Nantinya subsidi akan diterima langsung oleh individu bersangkutan. Acuan penyaluran subsidi energi adalah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),” kata Sri, Jumat, (3/9/2021).

Sri menambahkan, bahwa selama ini, penjulan LPG 3 kg bisa dibeli oleh masyarakat umum baik yang tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau tidak.

“Pada 2022, kebijakan subsidi energi akan diarahkan lebih tepat sasaran, melalui pelaksanaan transformasi subsidi berbasis komoditas menjadi subsidi berbasis penerima manfaat secara bertahap dan berhati-hati mempertimbangkan kondisi ekonomi dan sosial masyarakat,” ujarnya

Untuk itu, kata Sri, pemerintah akan menyempurnakan DTKS dengan melakukan verifikasi dan validasi secara reguler serta membangun sistem yang terintegrasi dengan data sasaran penerima subsidi.

“Hal ini dilakukan untuk memastikan subsidi diberikan kepada golongan masyarakat yang perlu dilindungi, yaitu masyarakat miskin dan rentan,” pungkasnya. (jpc/jm)

  • Dipublish : 3 September 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami