NASA Merencanakan Penerbangan Helikopter Pertama di Mars

Helicopter Ingenuity NASA. Foto: BBC/dok NASA
Helicopter Ingenuity NASA. Foto: BBC/dok NASA
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

JARINGAN MEDIA, JAKARTA – Helikopter Ingenuity milik Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) akan melakukan penerbangan bersejarah di Mars hari ini. Jika berhasil maka helikopter ini akan membuat sejarah sebagai pesawat bertenaga pertama yang lepas landas dari planet selain Bumi.

“Wright bersaudara melakukan penerbangan pertama di bumi. Ingenuity siap untuk jadi penerbangan pertama untuk Mars,” kata pimpinan proyek Ingenuity MiMi Aung, dilansir dari ABC News pada Senin (19/4).

Helikopter itu seharusnya melakukan penerbangan perdananya minggu lalu tetapi ditunda setelah ada kesalahan perangkat lunak pada menit-menit terakhir. Setelah pengujian lebih lanjut selama akhir pekan, Aung mengatakan NASA optimistis helikopter Ingenuity akan lepas landas sore ini.

“Kami melakukan segala yang kami bisa untuk membuatnya sukses,” lanjut Aung. Rencananya, Ingenuity akan naik tiga meter di atas landasan peluncurannya, kemudian melayang selama sekitar 30 detik, dan kembali ke permukaan Mars. Keseluruhan proses ini akan berlangsung selama 40 detik. “Kami ingin penerbangan pertama menjadi penerbangan yang aman,” ujar Aung. (mcr9/jpnn)

 

  • Dipublish : 19 April 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami