NASA Tangkap Sinyal Radio dari Venus

Venus. Foto: pixabay
Venus. Foto: pixabay
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jaringanmedia.co.id – NASA mengaku mendeteksi sinyal radio alami yang misterius berasal dari Venus. Hal itu terjadi ketika Parker Solar Probe NASA melewati Venus untuk sebuah misi penyelidikan ke Matahari.

Misi dari Parker Solar Probe ialah mengorbit di dekat Matahari. Untuk melakukan itu, satelit milik NASA itu perlu memperlambat kecepatannya sebelum mendekat. Artinya, satelit harus terbang cukup dekat ke Venus sehingga gravitasi dan atmosfernya akan menurunkan kecepatannya.

“Tujuan terbang di Venus adalah untuk memperlambat pesawat luar angkasa sehingga Parker Solar Probe dapat terbang lebih dekat ke Matahari,” kata ilmuwan Parker Solar Probe, Nour E Raouaf.

pada saat itulah Parker Solar Probe menangkap sinyal radio. Sinyal tersebut kemudian diterjemahkan NASA menjadi suara. “Namjn, kami tidak akan melewatkan kesempatan untuk mengumpulkan data sains lainnya dan memberikan wawasan unik tentang planet misterius seperti Venus,” tambah dia.

Pembacaan sinyal radio itu berasal dari instrumen FIELDS. Ketika satelit dekat dengan Venus, instrumen FIELDS mendeteksi sinyal radio frekuensi rendah alami selama tujuh menit.

Data itu pun menarik perhatian Glyn Collison dari Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA, ilmuwan utama dalam penelitian tersebut. Dia mengenali bentuk dan kekuatan sinyalnya, dan ternyata Collison pernah menemui sinyal itu sebelumnya.

Pernah ada sinyal yang mirip muncul ketika pengorbit Galileo NASA melewati ionosfer Jupiter pada awal tahun 2000-an.

“Seperti Bumi, Venus memiliki lapisan gas bermuatan listrik di tepi atas atmosfernya, yang disebut ionosfer. Lautan gas bermuatan, atau plasma, secara alami memancarkan gelombang radio yang dapat dideteksi oleh instrumen seperti FIELDS,” tulis NASA. (IGN/jpnn/jm)

  • Dipublish : 7 Mei 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami